Presiden Apresiasi Jasa Feisal Tanjung

Senin, 18 Februari 2013 – 13:36 WIB
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengaku mantan Panglima ABRI (Pangab) Jend (purn) Feisal Tanjung adalah seniornya di TNI selama sekitar 10 tahun lamanya. Menurut Presiden, semasa hidupnya  mantan Menkopolhukam di era Presiden Habibie itu termasuk yang mengupayakan kemajuan TNI, melakukan modernisasi dan pembaharuan. Terutama menyangkut doktrin, pendidikan, pelatihan, operasi, dan sisi-sisi yang berkaitan dengan profesionalisme dan postur tentara yang modern.

"Kita sama-sama berduka dengan dipanggilnya oleh Allah salah satu putra terbaik bangsa. Kita semua ketahui jasa, perjuangan, dan pengabdian beliau kepada bangsa dan negara. Tidak kalah penting kepada TNI," ujar Presiden ketika melayat ke rumah duka di Taman Patra XI No. 4 Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/2).

Menurut SBY, almarhum Feisal dibesarkan di baret merah kemudian baret hijau, hingga akhirnya beliau memimpin TNI. Setelah meninggakan TNI, beliau melanjutkan pengabdian di jajaran pemerintahan. Presiden berharap nilai-nilai baik yang ditinggalkan Feisal tetap tertanam dalam diri tiga anaknya.

"Beliau kenyang di medan-medan pertempuran, maupun tugas pembinaan. Yang kami sangat ingat beliau membesarkan, mendidik dan mendorong perwira junior untuk tumbuh berkembang, menjadi perwira profesional, memiliki kinerja dan prestasi yang baik. Itu yang kami kenang selaku junior beliau," kata Presiden.

Seperti diketahui, pria kelahiran 17 Juni 1939 ini meninggal pagi tadi karena sakit di Rumah Sakit Siloam, Jakarta.
Rencananya, jenazah Feisal akan dimakamkan di TMP Kalibata dan akan dipimpin langsung penguburannya oleh Wakil Presiden Boediono.

Dari laman wikipedia, disebutkan Feisal Tanjung lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 17 Juni 1939. Dalam usia 73 tahun, Feisal dikenal sebagai salah satu tokoh militer Indonesia.

Nama Feisal Tanjung sebelumnya tidak masuk prediksi sebagai calon Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia mengingat saat itu ada calon kuat lain, yakni Jenderal TNI Wismoyo Arismunandar yang saat itu memegang jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Feisal Tanjung merupakan salah seorang perwira ABRI yang memegang jabatan tertinggi tanpa melalui jenjang Kepala Staf. Sebelumnya, LB Moerdani juga melaju ke jabatan Pangab tanpa melalui jabatan tersebut.

Feisal Tanjung memiliki seorang isteri bernama Masrowida Lubis dan dikaruniai 3 orang anak. Beliau juga adalah abang kandung dari tokoh nasional Akbar Tanjung.

Nama Feisal mulai menjadi pembicaraan hangat setelah memimpin DKP (Dewan Kehormatan Perwira) untuk tragedi Santa Cruz di Timor Leste tahun 1991. (flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Melayat ke Rumah Duka Feisal Tanjung

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler