Presiden Berharap JSS jadi Ikon Indonesia

Rabu, 06 Juli 2011 – 19:11 WIB

JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar megaproyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) bisa dikerjakan lantaran sudah masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)Bahkan, SBY berharap JSS nantinya bisa menjadi ikon Indonesia.

Masalah pembangunan JSS itu merupakan satu dari sembilan poin arahan yang disampaikan SBY saat rapat khusus MP3EI di Sekretariat Negara, Rabu (6/7).

‘’Intinya Presiden menyatakan puas dengan laporan tim

BACA JUGA: Penambahan Pelanggan Harus Diimbangi Daya Pembangkit

Ada sembilan arahan yang menjadi arahan beliau di akhir rapat,’’ kata Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa kepada wartawan usai rapat.

Sembilan arahan SBY itu, pertama, tidak boleh ada hambatan apapun untuk realisasi dan implementasi MP3EI
Bahkan bila ada aturan yang dinilai menghambat termasuk UU, kata Hatta, pemerintah akan menjembatani dengan mengeluarkan regulasi khusus.

Kedua, Presiden meminta proyek-proyek yang diusulkan dalam MP3EI benar-benar berjalan tepat waktu

BACA JUGA: Enam Bulan, Konsumsi BBM Subsidi Hampir 20 Juta KL

Ketiga, Presiden meminta komunikasi implementasi MP3EI harus berjalan satu pintu sehingga tidak terjadi disharmonisasi antara sektor dan regional.

Keempat, Presiden meminta antara pemerintah dan DPR RI segera dapat menggesa pembahasan RUU pertanahan
Karena bila dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu investasi MP3EI

BACA JUGA: Menhub Tuding Aksi Boikot Ada Penggeraknya

Kelima, setiap pembahasan dan kebijakan mengatasi masalah pertanahan harus dilakukan secara transparan dan menjaga akuntabilitas.

Arahan keenam, Presiden mendorong pihak swasta bersama dengan Komite Inovasi Nasional (KIN) untuk terus melahirkan inovasi-inovasi nasional

"Ketujuh, Presiden meminta agar megaproyek Jembatan Selat Sunda (JSS) benar-benar menjadi ikon IndonesiaDengan demikian maka seluruh pemikir hingga rancang bangun made in Indonesia," terang Hatta.

Arahan ke delapan, Presiden menekankan pentingnya peran Pemerintah Daerah untuk mendukung setiap program MP3EIKarena itu perlu diberikan informasi dan ruang yang luas agar seluruh proyek juga melibatkan PemdaTerakhir, Presiden meminta seluruh program MP3EI ini disosialisasikan kepada masyarakat agar sama-sama merasa memiliki dan memberikan dukungan.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Birokrasi dan Pertanahan Hambat Investasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler