Presiden: Jadilah Perwira Yang Dicintai Seluruh Rakyat

Senin, 24 Juli 2017 – 21:53 WIB
Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Gatot Subroto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Biro Pers Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan pembekalan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi TNI dan Polri Tahun 2017 di Gelanggang Olahraga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 24/7).

Untuk diketahui, para Capaja tersebut akan dilantik Presiden esok hari, Selasa (25/7) di Istana Kepresidenan Jakarta.

BACA JUGA: Jokowi: Insyaallah, Tol Pekanbaru-Dumai Selesai Akhir 2019

"Esok hari kalian semuanya akan mengambil langkah pertama dalam pengabdian total kepada merah putih, kepada NKRI, dan kepada rakyat," ujar Jokowi-sapaan presiden.

Presiden RI ketujuh itu mengingatkan jalan karier yang ditempuh para Capaja memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar sebagai calon-calon pemimpin masa depan.

BACA JUGA: Diperingatkan Jokowi, ESDM Akan Evaluasi Semua Permen

Dia pun mengingatkan soal perubahan yang harus segera diantisipasi oleh semua pihak, termasuk TNI dan Polri.

Perubahan yang ada tak hanya soal ekonomi, politik, dan teknologi semata, tapi juga ancaman yang dihadapi negara.

BACA JUGA: Jokowi Bermain Sulap di Hadapan Ribuan Anak-Anak, Hahaha, Menghibur Banget...

Oleh karena itu, para Capaja harus bisa berpikir strategis dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman yang juga akan mengalami perubahan di masa mendatang.

"Terutama pertahanan negara kita tidak lagi bisa Jawa-sentris, harus diubah semua menjadi Indonesia-sentris. Implementasinya seperti apa? Ini yang harus disiapkan dan direncanakan. Kalau tidak ya kita akan ditinggal," jelasnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga juga meminta jajaran TNI dan Polri juga mengubah pola pikir dalam menghadapi perubahan bentuk-bentuk ancaman tersebut.

Sebab, bisa saja di masa yang akan datang perang bukan lagi serupa dengan perang konvensional yang selama ini dikenal.

Selain itu, tambahnya, Capaja TNI dan Polri dituntut mampu berkomunikasi dengan masyarakat, yang ke depannya akan didominasi oleh generasi muda.

Mereka juga harus mampu melindungi masyarakat dari ideologi-ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, dengan cara yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Terakhir, Presiden berharap Capaja Akademi TNI dan Polri Tahun 2017 bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik sehingga memberikan manfaat nyata bagi keluarga, bangsa, dan negara.

"Saya berpesan kalian harus terus menjadi kebanggaan orang tua, keluarga, dan negara kita, Indonesia. Jadilah perwira-perwira yang dicintai seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler