Presiden Janji Bantu Timor Leste Masuk ASEAN

Rabu, 20 Maret 2013 – 18:01 WIB
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kedatangan Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Kehadiran Xanana ini dalam rangka kunjungan kehormatan ke Indonesia. Menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, dalam pertemuan itu Presiden Xanana membahas masalah keanggotaan Timor Leste, di ASEAN.
Selama ini, Indonesia termasuk yang memperjuangkan Timor Leste agar masuk di organisasi internasional itu.

"Selama ini dalam kerangka ASEAN sudah ada proses yang bergulir masalah kemungkinan keanggotaan Timor Leste di Asean dibahas di kelompok kerja Asean, khususnya untuk mengkaji keanggotaan Timor Leste. Indonesia sendiri telah memberikan bantuan capacity building kepada Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN," ujar Marty usai mendampingi Presiden di Istana Merdeka.

Saat ini, kata Marty, Indonesia membantu mendorong keanggotaan Timor Leste dengan mengajak Singapura. Oleh karena itu, pekan depan Kementerian Luar Negeri akan mengadakan kunjungan di Singapura.

Menurut Marty, keberadaan Timor Leste di ASEAN sangat penting karena secara geografis berbatasan langsung dengan Indonesia, sehingga dapat diterapkan berbagai pola kerjasama.

"Intinya, keanggotaan Timor Leste di Asean bukan masalah tekhnis semata, melainkan masalah geo politik dan bahkan masalah geografinya. Jelas Timor Leste adalah bagian dari kawasan Asia Tenggara. Masa depan Asia Tenggara tidak akan positif, makmur dan stable, seandainya Timor Leste tidak menjadi bagian keanggotaan Asean. Oleh karena itu Indonesia akan mendorong terus Timor Leste menjadi anggota Asean," pungkas Marty. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perang Sabah dan Perang Politik Dalam Negeri Malaysia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler