Presiden Jokowi Apresiasi Blok Rokan, Ini Paling Terbesar dan Produktif dalam Sejarah

Sabtu, 01 Juni 2024 – 14:58 WIB
Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja produksi positif Blok Rokan, setelah diambil alih sekaligus dikelola Pertamina. Foto: Pertamina

jpnn.com, DUMAI - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja produksi positif Blok Rokan, setelah diambil alih sekaligus dikelola Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Menurut dia, Blok Rokan merupakan blok migas terbesar dan paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia.

BACA JUGA: Pertamina Hulu Rokan Dinilai Berperan Besar Menggerakkan Ekonomi Lokal

“Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barel per hari dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia,” ungkap Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Sabtu (1/6).

Orang nomor satu di Indonesia itu berharap alih kelola Blok Rokan oleh Pertamina itu bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat tanah air.

BACA JUGA: Jokowi: Saya dapat Laporan dari Pertamina, Blok Rokan Ini Paling Besar

“Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata,” terangnya.

Rokan merupakan blok migas yang memiliki lebih dari 11 ribu sumur aktif, 13 ribu km jaringan pipa, sekitar dua kali jarak Sabang-Merauke.

BACA JUGA: Pertamina dan Komisi VII DPR RI Dukung Peningkatan Lifting Migas Nasional

Lebih dari 11 miliar barel minyak mentah diproduksi WK Rokan di antaranya Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan, dan Pager.

Di Blok Rokan, Pertamina aktif menjalankan program pengeboran.

Produksi minyak Pertamina Hulu Rokan saat itu mencapai 162 ribu barrel oil per hari (MBOPD), lebih tinggi dibandingkan produksi sebelum alih kelola.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Blok Rokan memegang peran penting dalam pembangunan kedaulatan, ketahanan dan kemandirian energi nasional.

“Pertamina bersama putra-putri terbaik bangsa berhasil mengelola Blok Rokan secara profesional sesuai dengan standar pengelolaan energi kelas dunia. Ini menjadi kebanggaan dan simbol kedaulatan negara di bidang energi. Sebagai bangsa kita mampu mengelola blok besar dan mampu bersaing dengan perusahaan energi global,” kata Nicke. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Patra Niaga Regional JBB Raih Penghargaan Top CSR Awards 2024


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pertamina   Jokowi   Blok Rokan   minyak   Sejarah  

Terpopuler