Presiden Jokowi Luncurkan Logo Baru IKN, Ada Filsafat dari Pohon Hayat

Selasa, 30 Mei 2023 – 23:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para desainer pemenang lomba logi IKN di Istana Negara, Selasa (30/5). Foto: BPMI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Selasa (30/05).

Logo baru bertema Pohon Hayat itu merupakan hasil pilihan masyarakat dari lima nominasi desain yang telah dimulai sejak 4 April hingga 20 Mei 2023.

BACA JUGA: BNI-UI Half Marathon 2023 Janjikan Pengalaman Berlari di Lintasan Lebih Hijau & Steril

Bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya luncurkan logo Ibu Kota Negara Nusantara,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Ketujuh RI itu menegaskan bahwa logo yang terpilih merupakan pilihan masyarakat.

BACA JUGA: Kemenpora Mengapresiasi Langkah Proaktif BNI Perkuat Sport Tourism

“Jadi, yang memilih bukan presiden. Hati-hati, yang memilih ini rakyat dan jumlah pemilihnya lima ratusan ribu, jumlah yang tidak sedikit,” tuturnya.

Sebelumnya, masyarakat secara terbuka dapat memilih langsung satu dari lima desain yang masuk nominasi logo IKN. Hingga sayembara berakhir pada 20 Mei 2023, jumlah total pemilih mencapai 500.260 dari berbagai provinsi di Indonesia.

BACA JUGA: RUU IKN Bakal Dipercepat, Apa Saja yang Berubah

Logo yang terpilih itu didesain oleh Aulia Akbar. Presiden Jokowi mengharapkan logo anyar itu akan menjadi inspirasi bagi IKN untuk menciptakan sumber kehidupan baru.

“Pohon hayat ini pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” ujarnya.

Pada peluncuran logo baru tersebut, Kepala Otorita Bambang Susantono melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa pemilihan logo baru itu merupakan bentuk partisipasi publik dalam proses persiapan dan pembangunan IKN.

“Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk membangun rasa memiliki yang kuat terhadap ibu kota kita, Nusantara sebagai refleksi dari sebuah kota yang dibangun secara gotong-royong oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Bambang.

Proses sayembara desain logo itu dimulai pada September 2022 saat Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) selaku mitra OIKN menyampaikan pengumuman lomba. Dari seluruh desainer yang mendaftar, dikurasi lagi oleh Dewan Kurator ADGI menjadi 10 desainer yang selanjutnya mengikuti proses pendesainan logo IKN.

Desain tersebut berdasarkan “koridor kuratorial” yang sudah disiapkan oleh Dewan Kurator ADGI, yaitu semangat kebinekaan yang dalam satu kesatuan; semangat kebersamaan dan rasa memiliki; dan semangat bahari atau maritim.

Dari 10 logo karya desainer tersebut, Presiden Jokowi memilih 5 logo terbaik dan menyampaikan arahan agar diadakan voting terbuka yang dapat diikuti oleh masyarakat luas. Voting secara online digelar pada 4 April hingga 20 Mei 2023.

“Selama proses ini, dilakukan pula serangkaian roadshow, baik ke berbagai komunitas maupun media, serta paparan dan diskusi publik bagi desainer kelima logo tersebut di kanal digital,” tutur Bambang.

Seluruh proses itu didukung oleh Kementerian Kominfo, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan Telkomsel. BNI dan Telkomesl mempromosikan kelima logo itu di jaringan komunikasi kedua BUMN tersebut.

Aulia Akbar sebagai pemenang sayembara logo IKN menyatakan kebahagiaannya atas hasil itu. Desainer anggota ADGI chapter Bandung itu mengaku bangga.

”Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru yang merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Semoga identitas visual ini dapat menyampaikan semangat Nusantara kepada seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Logo IKN buatan Auli Akbar itu terinspirasi dari pohon hayat sebagai sumber kehidupan dengan lima akarnya yang melambangkan Pancasila. Tujuh batang pohon hayat mewakili pulau besar di Indonesia, sedangkan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Royke Tumilaar menyampaikan perseroannya merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam proses pemilihan logo IKN.

"Logo IKN ini sudah melalui proses kreatif yang melibatkan talenta-talenta muda berbakat Indonesia. Kami sangat merasa terhormat dapat ikut berkontribusi dalam rangkaian sejarah pembuatan logo Ibukota Nusantara ini," katanya.

Saat ini BNI juga tengah mempersiapkan berbagai solusi perbankan yang dibutuhkan untuk dapat mempercepat pembangunan IKN agar ibu kota baru RI itu mampu menjadi pusat bagi pertumbuhan ekonomi negeri.

Sebagai bank yang proaktif melakukan transformasi digital, BNI sejauh ini sudah ikut dalam pengembangan ekosistem hunian pekerja konstruksi berbasis digital salah satunya dengan Penerbitan Kartu Multifungsi BNI.

BNI menerbitkan Kartu Multifungsi sebagai sarana pembayaran dan transaksi di lokasi HPK, yang bermanfaat untuk payroll gaji, kartu identitas pekerja, alat pembayaran, dan transaksi keuangan sehingga menciptakan lingkungan cashless society.

Dalam sayembara pembuatan desain logo baru ini, Otorita IKN bekerja sama dengan ADGI dan BNI. Lebih dari 500 desainer ikut serta dalam proses open call.

Selanjutnya, 10 desainer terpilih mengikuti proses perancangan identitas visual IKN berdasarkan koridor kuratorial yang sudah disiapkan oleh Dewan Kurator dan Tim Ahli Perancangan.

Selain mengumumkan pemenang sayembara logo, pada hari ini juga diumumkan hasil undian untuk pemenang 10 motor listrik. Bagi 10 orang pemenang akan dihubungi oleh panitia untuk menerima hadiah motor listrik yang ditandatangani Presiden Joko Widodo.(mrk/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kementerian PUPR Catat Proyek IKN Sudah Menyerap 6.700 Tenaga Kerja


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler