Presiden Jokowi Tempati Saf Terdepan Saat Salat Id, Ada Jenderal di Samping, Lihat

Senin, 02 Mei 2022 – 09:30 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menunaikan Salat Idulfitri 1433 H di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022). Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo menempati saf terdepan saat menunaikan Salat Idulfitri 1433 Hijriah atau Salat Id di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5).

Tampak bersama Presiden Jokowi mengikuti Salat Idulfitri di tempat tersebut, antara lain dua jenderal berbintang dua, yaitu Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Widi Prasetijono dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

BACA JUGA: Hilal Belum Diumumkan, Jokowi Sampaikan Selamat Idulfitri

Hadir pula Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto.

Biro Pers Sekretariat Presiden dalam siaran pers, Senin (2/5) menyebut, salat Idulfitri diselenggarakan terbatas dan diikuti oleh perangkat kepresidenan.

BACA JUGA: Masjid Istiqlal Penuh Sesak Saat Pelaksanaan Salat Id, Ada Wapres Kiai Maruf Amin

Tampak juga hadir Ibu Iriana Jokowi, Pasukan Pengamanan Presiden, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sekitar pukul 06.28 WIB tampak keluar dari Gedung Agung menuju halaman depan ditemani putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep.

BACA JUGA: Lihat, Jemaah Salat Id Termasuk Emil Salim Mulai Padati JIS

Ibu Iriana berada ke tempat yang telah ditentukan bagi jemaah perempuan di sisi kiri.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta Masmin Afif bertindak sebagai imam sekaligus khatib dalam Salat Id yang dimulai tepat pukul 06.35 WIB.

Bertindak sebagai bilal rangkaian Salat Id di halaman Gedung Agung adalah Abdul Rosyid, salah seorang pengurus Masjid Darussalam Istana Yogyakarta.

Selepas salat, Masmin Afif menyampaikan kotbah bertema "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi".

Dia mengatakan Idulfitri menjadi momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat dengan saling peduli, berbagi dan menghargai, saling merajut silaturahmi.

Selain itu, jadi momen salingmenyapa dan memaafkan serta mengaktulisasi nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia.

Masmin Afif  berharap semoga momentum Idulfitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang.

Dia juga berharap semoga terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah SWT.

Selesai menunaikan Salat Id, sekitar pukul 07.00 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Gedung Agung.

Sambil berjalan, Presiden menyempatkan menyapa jemaah di beberapa saf depan.(Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler