Presiden Lantik Chatib Basri jadi Menkeu

Selasa, 21 Mei 2013 – 12:00 WIB
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan baru menggantikan Agus Martowardojo. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, (21/5). Chatib menjadi Menkeu setelah meengikuti tahapan fit and proper test yang diadakan oleh Presiden.

Chatib dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 yang ditetapkan kemarin, Senin 20 Mei 2013. Mengenakan setelan jas berdasi merah dan menggunakan kopiah, Chatib dengan lantang mengucap sumpah jabatannya.

Saat pelantikan, Chatib ditemani sang  istri, Dana Iswara yang memakai kebaya berwarna merah dan bawahan batik.

Presiden SBY memilih Chatib Basri karena ia dinilai cakap berdasar pengalaman, pendidikan, dedikasinya.

Selain itu, Presiden juga mempertimbangkan beberapa aspek jabatan Chatib di antaranya pengalamannya sebagai seorang ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas, jabatannya sebagai Kepala BKPM) dan pernah bertugas sebagai Staf Khusus Menkeu.

Chatib juga pernah menjabat sebagai Deputi Menkeu untuk tugas-tugas G-20 dan sebagai Sherpa G-20 bagi Presiden SBY pada Sidang G-20 di Washington pada 2008. Terakhir ia pernah menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Pelantikan tersebut dihadiri menteri-menteri KIB jilid II, khususnya menteri-menteri bidang ekonomi. Selain para menteri, turut hadir para pejabat di lembaga pemerintahan lainnya. Seluruh pejabat eselon satu di Kementerian Keuangan juga ikut menghadiri pelantikan pemimpin barunya tersebut. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Banci Bilang KPK Kehilangan Daya Birahi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler