Prestasi Olahraga Indonesia Makin Positif Jadi Modal Menteri Dito di Kabinet Prabowo

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 10:07 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menjadi salah satu sosok yang dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk bertemu di kediamannya di Hambalang.

Dito mengaku bahwa Prabowo mengajaknya berdiskusi tentang olahraga.

BACA JUGA: Senyum Dito Ariotedjo saat Tiba di Kediaman Prabowo, Dapat Tugas Khusus Apa?

“Ya, tadi diskusi dengan Bapak Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto, beliau ada kepedulian yang sangat tinggi terkait pemuda dan olahraga kita,” ujar Dito seusai bertemu Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Pertemuan ini makin menguatkan kabar bahwa Dito Ariotedjo sebagai salah satu kandidat di dalam kabinet pemerintahan ke depan.

BACA JUGA: Ires Generation: Dito Ariotedjo Membuat Kemenpora Jadi Lebih Fresh

Kemudian, Dito pun ikut dalam pembekalan calon menteri yang berlangsung di Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2024).

“Tadi dari pagi sampai malam kita belajar geopolitik, bagaimana Pak Prabowo menyampaikan, perubahan ke depan kita harus melihat hubungan yang ada di Indonesia dengan global,” tuturnya.

BACA JUGA: Dipanggil Prabowo, Imam Besar Masjid Istiqlal Calon Menteri Agama?

“Jadi, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi, global untuk Indonesia,” sambung dia.

Masuknya nama Dito ke dalam pemerintahan mendatang tidak terlepas dari torehannya selama menjabat sebagai Menteri satu setengah tahun terakhir.

Pada 2024 misalnya, menjadi momen bersejarah dalam lini masa olahraga Tanah Air. Setidaknya, ada dua capaian penting yang berhasil ditorehkan oleh insan olahraga Indonesia tahun ini.

Pertama, ialah suksesnya kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Dalam sejarah keikustertaan Indonesia dalam ajang ini, kontingen kali ini menjadi salah satu yang paling sukses. Setidaknya, sejak capaian di Barcelona pada 1992, di mana Indonesia bisa meraih dua medali emas dan satu perunggu.

Di Paris, Indonesia bisa mengamankan dua medali emas yang berasal dari cabang olahraga panjat tebing dan angkat besi. Nomor kecepatan putra di cabang panjat tebing yang diwakili oleh Vedriq Leonardo mengantongi medali emas. Prestasi ini jadi catatan sejarah, karena untuk pertama kalinya, Indonesia bisa memboyong medali emas di luar cabang olahraga badminton dan angkat besi.

Tidak berselang lama, Rizki Juniansyah yang mewakili cabang olah raga angkat besi berhasil meraih medali emas di nomor 73 kg putra. Selain mendapat emas, Rizki juga mencatatkan rekor olimpiade baru dalam kesempatan ini.

Hasil dalam Olimpiade ini menambah koleksi Indonesia hingga di mencapai 40 medali. Dengan jumlah tersebut, Indonesia menjadi negara dengan prestasi Olimipiade terbaik kedua di Asia Tenggara setelah Thailand.

Perkembangan juga terlihat cukup signifikan dalam cabang olahraga Indonesia. Hal ini ditandai dengan penampilan apik dari timnas sepak bola Indonesia di beberapa ajang internasional.

Salah satunya adalah kualifikasi zona Asia untuk Piala Dunia 2026. Hal ini pun terkonfirmasi dengan naiknya peringkat Indonesia di dunia sepak bola internasional. Berdasarkan ranking FIFA, Indonesia kini berada di peringkat 130 dunia.

Posisi ini merupakan perbaikan sigfnifikan apabila dibandingkan dengan situasi di tiga tahun lalu, di mana Indonesia berada di peringkat ke 160.

Tentunya, keberhasilan yang ditorehkan ini berkat kegigihan para atlet serta upaya serius dari pemerintah.

Survei Litbang Kompas yang diadakan 9-11 Oktober 2024 mendapati, publik mengapresiasi capaian dunia olahraga Tanah Air sejauh ini, baik di dalam negeri maupun saat berlaga di ajang internasional.

Penilaian publik terhadap kinerja Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga terpantau Litbang Kompas cukup positif. Ini tergambar dari 75,1 persen responden menilai baik kinerja kementerian di bawah kepemimpinan Dito Ariotedjo.

Kemudian, sebanyak 57,9 persen responden mengaku sangat puas dan 17,2 persen merasa puas dengan kinerja Kemenpora memajukan prestasi olahraga.

Begitu pun mayoritas responden mengapresiasi prestasi atlet nasional di kancah internasional.

Sebanyak 50,9 persen responden merasa sangat puas dan 39,8 persen mengaku puas dengan prestasi atlet-atlet Indonesia di level internasional. (rhs/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perempuan Mantan Caleg Sebarkan Video Porno


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler