Pria Ini Cangkok Penis, Alhamdulillah Berfungsi, Sekarang Jadi Ayah

Sabtu, 13 Juni 2015 – 08:40 WIB
Foto dokumentasi ketika tim dokter dari Universitas Stellenbosch dan Universitas Tygerberg di Afrika Selatan bergabung untuk melakoni operasi pencangkokan penis.

jpnn.com - JOHANNESBURG - Sebuah tim ahli bedah dari Arika Selatan sukses melakukan transplantasi penis pertama di dunia dalam sebuah operasi maraton sembilan jam. Alhamdulliah, semua organ baru berfungsi penuh. Kabar gembira tersebut diumumkan Universitas Stellenbosch, Jumat lalu.

Seperti dilansir USA Today, operasi yang dipimpin Prof André van der Merwe, Kepala Divisi universitas Urologi, dilakukan pada bulan Desember di Rumah Sakit Tygerberg di Bellville, Cape Town.

BACA JUGA: Blarrrr.... Ledakan Dasyat di Apartemen Ini Cederakan 10 Penghuni

Universitas mengatakan itu adalah kedua kalinya bahwa prosedur telah dicoba, tapi pertama kalinya bahwa hasil jangka panjang yang sukses telah dicapai.

Pasien 24 tahun yang tak dikenal itu kini telah memiliki penisnya kembali setelah tiga tahun lalu diamputasi lantaran operasi sunat yang gagal pada usia 18.

BACA JUGA: Astagfirullah... Empat Bocah Palestina Ini Tewas Dirudal Israel

"Pasien kini sudah mendapatkan penisnya kembali," kata Van der Merwe yang eNews Channel Africa (ENCA). "Dia mengatakan kepada saya dengan tegas bahwa (penis) itu fakta milik orang lain, benar-benar kini pindah jadi penisnya sendiri. Itu benar-benar seperti yang kita inginkan."

Van der Merwe menunjukkan bahwa dokter memastikan bahwa donor dan penerima adalah dari ras yang sama.

BACA JUGA: Turis Nudis di Kinabalu Dibebaskan setelah Dihukum Penjara dan Didenda

"Cosmetically kita punya kecocokan yang sangat baik untuk warna," katanya. "Kami jelas mentransplantasikan penis yang normal, baik dan bisa ereksi sangat baik."

Van der Merwe mengatakan penis transplantasi "diambil dari pendonor yang disetujui keluarganya."

Universitas mengatakan penis pasien telah kembali fungsi penuh dalam transplantasi organ, termasuk kemih dan fungsi reproduksi.

"Tujuan kami adalah bahwa ia akan berfungsi penuh pada dua tahun dan kami sangat terkejut dengan pemulihan yang cepat itu," Van der Merwe.said.

Pacar penerima ditawari konseling namun menolak, Van der Merwe mengatakan dalam wawancara yang disiarkan pada hari Jumat. "Kami sangat bersyukur bahwa semuanya bekerja pada akhirnya dan pasien menggunakannya dengan baik. Pasien aktif secara seksual lagi dan sangat senang."

Bahkan sekarang ini pasien tak lama lagi akan menjadi seorang ayah.
Kabar gembira itu disampaikan oleh dokter yang melakukan pencangkokan penis pertama di dunia itu kepada BBC. 

Dilaporkan, pacar dari laki-laki itu telah hamil empat bulan, dan ini menunjukkan bahwa "pencangkokan itu berhasil," kata si dokter, Andre van der Merwe.

Laki-laki berusia 21 tahun yang identitasnya dirahasiakan ini kehilangan penisnya dalam sebuah operasi sunat yang gagal. Operasi pencangkokan itu sendiri terjadi bulan Desember tahun lalu.

Para ahli bedah di Stellenbosch University dan Rumah Sakit Tygerberg menjalankan operasi selama sembilan jam untuk menyambungkan penis tersebut.

Van der Merwe menyatakan dirinya "amat gembira" mendengar kabar pacar dari pasiennya itu hamil.

"Ini memang maksud kami, bahwa alat kelaminnya bisa berfungsi dengan baik, buang air kecil dan berhubungan seks. Maka ini merupakan langkah berarti buat dia," kata Van der Merwe. (ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menggiurkan Juga Bisnis Ini... Beberapa Menit Saja Omzet Penjualan Rp 20 Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler