Pria-pria ini Operasi Dagu Biar Kelihatan Pintar dan Macho

Rabu, 02 Maret 2016 – 16:16 WIB
Contoh pria dengan dagu lancip alami, aktor Hugh Grant. Foto: wikipedia

SURABAYA - Urusan tampilan keren bukan hanya ranah perempuan. Laki-laki juga rela melakukan apa saja agar terlihat lebih baik. Termasuk operasi plastik. Bahkan di kalangan pria muda yang berusia 20-30 tahun. Terbanyak memilih melancipkan dagu. Katanya, agar terlihat pintar.

''Salah satu tindakan paling laris itu genioplasty," ujar dokter spesialis bedah plastik RSUD dr Soetomo Surabaya dr Iswinarno Doso Saputro SpBP (RE) kemarin (1/3).

Menurut dia, genioplasty adalah tindakan meruncingkan dagu. Dalam dunia artis luar negeri, dibikin mirip Mel Gibson atau Hugh Jackman.
Tindakan memperbaiki bentuk dagu itu banyak dilakukan pekerja dan eksekutif muda. Alasannya, sebagian besar untuk kosmetik. Terutama pada etnis tertentu yang sering tidak memiliki dagu. Maksudnya, rahangnya agak mendelep dan kurang terbentuk.

BACA JUGA: Rajin Bercinta Ternyata Belum Tentu Bikin Bahagia

 ''Jadi, dagunya mbleweh, kelihatan kayak orang kurang smart,'' kata dokter yang akrab disapa Is tersebut.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk genioplasty. Pertama, chin implant. Yakni, memasang implan dari silikon padat. Kedua, memakai teknik memotong tulang dagu. Potongannya sekitar 1 cm. Lalu, tulang itu dimajukan. Kemudian, disambungkan dengan pelat khusus. Sekrup untuk mengen­cangkan tulang berbentuk kecil sekitar 1 mm dengan panjang 3-4 mm.

 ''Pasien bisa memilih pakai teknik yang mana,'' ucap dokter alumnus FK UGM itu.

Menurut Is, implan memiliki kelebihan bisa dilepas. Kalau sudah bosan, implan tinggal diangkat dan diganti sesuai dengan keinginan. Nah, memakai tulang sendiri lebih hemat karena tidak perlu pasang lepas.

Tindakan operasi pemasangan implan atau pemotongan membutuhkan waktu sekitar dua jam.  Pasca pembedahan, pasien tetap bisa menggunakan rahang seperti biasa. Dalam dua pekan, tulang akan menyambung sempurna. ''Banyak yang bilang, setelah operasi, rahang terlihat macho, kelihatan berkarakter dan cerdas,'' ungkap Is.

Pria yang mengambil gelar spesialis di FK Unair itu menyebutkan, genioplasty juga akan memperindah bagian di sekitar wajah. ''Tambah ketok ngganteng sitik,'' ujarnya, lantas tertawa. Dia melanjutkan, selain genioplasty, pria suka memperbaiki bentuk kantung mata. ''Menambah kelopak atas atau mengurangi yang bawah,'' katanya. (nir/c19/any/flo/jpnn)

BACA JUGA: 4 Cara Jitu Agar Otak Tetap Cemerlang

BACA JUGA: Alhamdulillah, Proses Status KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Berjalan Mulus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Matta Fair, Jurus Menggiring Wisman Malaysia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler