Prima Deklarasi Dukung Iswar Aminuddin di Pilwako Semarang 2024, Ini Alasannya

Sabtu, 01 Juni 2024 – 19:15 WIB
Partai Prima deklarasi dukungan Iswar Aminuddin dalam Pilwakot Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com - SEMARANG - Dukungan untuk Iswar Aminuddin maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2024 terus mengalir.

Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) bertepatan dengan hari lahir mereka yang ketiga, Sabtu (1/6), resmi mendeklarasikan dukungan untuk Iswar Aminuddin di Pilwako Semarang 2024.

BACA JUGA: Datangi PKS, Mbak Ita Singgung soal Lawan Kotak Kosong di Pilwakot Semarang

Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) Prima Semarang Tomy Yunius Setyawan mengatakan bahwa dukungan untuk Iswar tidak muncul begitu saja.

Prima telah melakukan serangkaian penilaian serta pendalaman terhadap sejumlah tokoh selain Iswar, seperti petahana Hevearita Gunaryanti Rahayu, Arnaz Andrar Asmara, dan Supriyadi yang ketiganya ialah kader PDI Perjuangan.

BACA JUGA: Daftar Bacawabup, Haris Sugiharta Mengubah Peta Politik Pilkada Sleman

Menurut Tomy, sosok Iswar dinilai relevan dengan arah politik Prima dalam pembangunan ibu kota Jawa Tengah tersebut.

"Banyak penilaian dan pertimbangan rekam jejak Iswar Aminuddin sesuai garis besar Prima, yaitu pembangunan Kota Semarang berbasis kebudayaan," kata Tomy saat deklarasi yang bertepatan dengan perayaan hari lahir ketiga Prima di Jalan Gedongsongo, Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (1/6).

BACA JUGA: Pilwalkot Semarang: Sekda Iswar Batal Minta Tiket PDIP, Pilih Merapat ke PSI

Dia menjelaskan program prioritas Prima dalam membangun Kota Semarang, yaitu berlandaskan kebudayaan dan wawasan lingkungan, pembangunan yang membuka diri terhadap pemberdayaan perempuan dan remaja, serta pembangunan ekonomi kerakyatan yang berbasis koperasi.

"Tiga hal ini yang kemudian kami kunci sepakat untuk mendukung sosok pemimpin seperti Pak Iswar," ungkapnya.

Tomy menyebut dukungan terhadap Iswar Aminuddin yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) aktif tersebut tak bertentangan dengan aturan yang ada.

Menurut dia, bentuk dukungan itu sah-sah saja diberikan. 

"Sejauh ini dukungan kami untuk Pak Iswar tidak bertentangan dengan aturan-aturan tentang ASN," ungkapnya.

Lebih lanjut Tomy juga menjelaskan bahwa selama ini komunikasi Prima di Koalisi Indonesia Maju (KIM) tingkat daerah maupun nasional masih terus terjaga.

Hanya saja, Tomy menyebut, KIM sesuai arahan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih RI, bersikap terbuka dan merangkul partai di luar koalisi.

"Kelakarnya ada KIM plus, dan kami tahu sudah ada yang menjalin komunikasi dengan partai di luar KIM, dan bagi kami tidak menjadi persoalan," katanya.

Prima tetap akan membawa nama Iswar Aminuddin sebagai calon wali kota Semarang dalam rapat bersama partai-partai yang tergabung di KIM.

"Persoalan dinamika politik H1 (wali kota Semarang, red) atau H2 (wakil wali kota Semarang, red) nanti kami melihat lagi," kata Bendahara DPK Prima Semarang Bintang Al Huda. (mcr5/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler