Produk UMKM dan Potensi Investasi Jawa Tengah Sangat Diminati di Prancis, Keren!

Senin, 14 November 2022 – 17:09 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi para pelaku UMKM. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAWA TENGAH - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar di Puri Gedeh, Kota Semarang pada Senin (14/11) siang.

Dalam pertemuan itu, keduanya membahas potensi kerja sama ekonomi Jateng dengan Prancis dalam ekspor produk lokal dari Jawa Tengah ke Prancis.

BACA JUGA: Ganjar Berharap Masjid Sheikh Zayed Solo Jadi Pusat Kajian Ilmu Penyebar Toleransi

Pria 54 tahun ini menjelaskan seluruh produk yang akan diekspor tetap harus memperhatikan kualitas.

"Kami akan kurasi, pilih, mana produk yang betul-betul layak dikirim sekaligus mendorong produk ini harus siap naik kelas. Jadi kalau mau produknya diekspor dan berharga mahal, maka kualitas harus nomor satu," ujar Ganjar seusai pertemuan.

BACA JUGA: Kowarteg Bersama Ratusan Pedagang di Pasar Permai Koja Dukung Ganjar jadi Presiden

Ganjar melanjutkan, untuk mendorong UMKM lebih mendunia maka diperlukan komitmen dan sinergitas yang kuat mulai dari pemerintah pusat, kepala daerah hingga pelaku usaha itu sendiri. Seperti pemberdayaan, akses permodalan, e-commerce dan cara promosi.

Dengan demikian, UMKM lokal akan semakin diperhitungkan tak hanya di Prancis saja, tetapi juga seluruh dunia akan melirik UMKM lokal yang memiliki keunikan tersendiri dari setiap produk-produknya.

BACA JUGA: Perkuat Industri Baja Berkelanjutan, GRP Jalin MoU dengan FFI dan KADIN

"Hampir seluruh duta besar selalu siap untuk memfasilitasi pendirian semacam toko-toko Indonesia yang ada di sana, apapun yang dijual. Fashion, tekstil atau produk UMKM yang ternyata di Prancis diminati sekali," kata Ganjar.

Sementara, Oemar menuturkan Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah penghasil produk UMKM terbaik.

Dia menyampaikan kepada Ganjar bahwa produk UMKM Jawa Tengah begitu diminati di Prancis.

Khususnya produk-produk fashion dan aksesoris UMKM Jawa Tengah yang banyak menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan.

Seperti produk batik dari bahan daur ulang dan produk kerajinan tangan yang dibuat dari bahan-bahan yang tak terpakai.

"Jawa Tengah ini punya banyak potensi, dalam arti potensi produk-produk yang diminati untuk diekspor ke Prancis atapun bagi Prancis potensi untuk investasi," ucap Oemar.

"Kalau produk tentunya banyak produk-produk kreatif, termasuk fashion dan aksesoris dari Jawa Tengah punya peluang begitu besar untuk masuk ke Prancis, produk yang sustainable dan cocok dengan bahannya, prosesnya atau fungsinya bagus untuk lingkungan hidup yang populer di Prancis," sambung Oemar.

Selain membahas potensi UMKM Jawa Tengah, Oemar juga menyampaikan kerja sama investasi Jawa Tengah dengan Prancis yang sedang berjalan, yaitu proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) yang dibangun di Brebes dan Tegal. 

Oemar menyebut, potensi invetasi Jawa Tengah dan Prancis juga masih sangat mungkin untuk berkembang ke sektor lain.

"Investasi juga tadi kami sampaikan ke Pak Gub, ada yang sedang diproses itu pembangkit listrik tenaga angin yang akan dibuat oleh perusahaan Prancis bekerja sama dengan BUMN kita di Brebes dan Tegal, dan masih banyak lagi," papar Oemar.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler