Prof Gunawan Ungkap Kemajuan Uhamka di Momen Milad ke-66

Rabu, 15 November 2023 – 19:07 WIB
Rektor Uhamka Prof Gunawan menyampaikan banyak kemajuan uhamda selama.kepemimpinannya. Foto dok. Unamka

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Sidang Terbuka dalam rangka milad ke-66. Tema yang diambil ialah Uhamka Mendidik; Ikhtiar Menyelamatkan Semesta.

Dalam laporan tahunan, Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro merefleksikan visi Uhamka menuju Prophetic Teaching University. Di balik visi tersebut, Uhamka bertekat untuk melahirkan lulusan yang berkompetensi unggul secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. 

BACA JUGA: Prof Irwan Akib Minta Lulusan Uhamka Bisa Mengimplementasikan Karakter Buya Hamka

"Sejak 2020 lalu, Uhamka telah bertekat untuk menggaungkan visinya sebagai Prophetic Teaching University. Nilai-nilai kenabian yang perlu ditanamkan terhadap lulusan-lulusan Uhamka di masa depan," kata Prof. Gunawan di Aula AR. Fachrudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Rabu (15/11)

Selain itu, dalam laporannya Prof. Gunawan menyampaikan beberapa poin. Pertama, integrasi keilmuan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

BACA JUGA: Uhamka jadi Kampus Islam Terbaik di Indonesia dan Peringkat 9 Dunia

Kedua, peningkatan pendidikan dan pengajaran. Ketiga, integritas Sumber Daya Manusia (SDM) Uhamka.

Keempat, kemahasiswaan. Kelima, peningkatan mutu penelitian. Keenam peningkatan mutu pengabdian.

BACA JUGA: Uhamka Gandeng Malaysia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Ketujuh produktivitas publikasi ilmiah. Kedelapan kolaborasi. Kesembilan perankingan universitas. 

Ke-10, kekayaan intelektual. Ke-11 refleksi filantropi. Ke-12 lengembangan unit usaha dan bisnis, dan terakhir lembangunan berkemajuan.

Dia menambahkan bahwa laporan tahunan Uhamka 2023 ini merupakan pengingat dan pemacu dalam mewujudkan visi Propethic Entrepreneurial University 2044 melalui proses penegembangan kampus Islami; pengembangan kurikulum; peningkatan kualitas SDM kepada dosen dan tenaga kependidikan, mutu penelitian, pengabdian, publikasi, dan inovasi.

"Melakukan kerjasama di dalam dan luar negeri; serta pengembangan usaha/ bisnis dalan menunjang pembinaan dan pelatihan entrepreneurship," terang Prof. Gunawan.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto, Ketua LLDIKTI Wilayah III Prof Toni Toharudin, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka Prof Dadang Kahmad,  Anwar Abbas, Djali B. Sangadji. 

Hadir juga Nurhadi anggota BPH Uhamka, Anisia Kumala Wakil Rektor I, Desvian Bandarsyah Wakil Rektor II, Prof Nani Solihati Wakil Rektor III, Muhammad Dwifajri Wakil Rektor IV, jajaran kepala biro dan lembaga, direktur Pascasarjana, dekan, wakil dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, serta segenap stakeholder Uhamka, dan Keluarga Mahasiswa Uhamka. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler