Prof Zudan Sowan Mahfud MD, Kebut Penyelesaian 5 PLBN Baru

Jumat, 31 Maret 2023 – 20:45 WIB
Sekretaris BNPP Prof Zudan Arif Fakrulloh dan jajaran menghadap Menko Polhuka Mahfud MD membicarakan penyelesaian 5 PLBN baru, Jumat (31/3/2023). Foto: humas BNPP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Prof Zudan Arif Fakrulloh menemui Menko Polhukam Mahfud MD selaku ketua pengarah BNPP di Jakarta, Jumat (31/3).

Dalam pertemuan itu, Mahfud mendukung kelanjutan pembangunan kawasan perbatasan. Dia pun meminta Zudan membagikan pengalaman untuk mendorong citra BNPP bertambah positif.

BACA JUGA: BNPP Cek Kelengkapan Fasilitas PLBN Serasan Sebelum Diresmikan

Terlebih, Prof Zudan punya pengalaman yang baik selama delapan tahun untuk mengangkat citra Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

"Saya yakin sepenuhnya dengan kemampuan dan pengalaman untuk menaikan citra positif BNPP menjadi makin dikenal di masyarakat," ucap Mahfud MD sebagaimana siaran pers.

BACA JUGA: Data Ini yang Membuat Posisi Sri Mulyani Makin Sulit

Sementara itu, Prof Zudan mendiskusikan strategi kelanjutan pembangunan wilayah perbatasan yang dirumuskan menjadi salah satu fokus program Nawacita Presiden Jokowi. Yakni, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Zudan mendiskusikan kepada Menko Mahfud MD terkait beberapa substansi tentang kelanjutan program BNPP dalam upaya memajukan kawasan perbatasan.

BACA JUGA: Sarungkan Keris, Arief Poyuono Lontarkan Kritik untuk Ganjar dan Koster

"Salah satu hal yang dibicarakan adalah soal percepatan pemenuhan infrastruktur Pos Lintas Batas Negara (PLBN)," tutur Zudan.

Menurut Zudan saat ini ada 5 PLBN akan segera diresmikan di wilayah perbatasan Indonesia, sekaligus menambah 'pagar hidup' perbatasan wilayah NKRI yang saat ini formasinya sudah beroperasi 8 PLBN.

Kelima PLBN yang segera diresmikan tersebut adalah PLBN Serasan, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri); PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat; PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

"Selain itu PLBN Napan di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan PLBN Yatetkeun di Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan," ucapnya.

Selain itu, Zudan juga melaporkan rencana Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) dan pelaksanan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) yang seyogyanya akan dilaksanakan pada 30-31 Mei 2023.

Dalam audiensi BNPP dengan Menko Polhukam Mahfud MD juga hadir Plh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Gutmen Nainggolan dan Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Hubungan Masyarakat (Karo KUH) BNPP, Indra Purnama.(fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler