Profil Lengkap Yamaha Nmax 'Turbo', Sensasi Berbeda dari Teknologi YECVT

Rabu, 12 Juni 2024 – 19:38 WIB
Profil Yamaha Nmax Turbo. Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) akhirnya meluncurkan generasi terbaru dari skutik Maxi andalannya, Nmax Turbo.

Skutik gambot generasi ketiga itu hadir dengan banyak perubahan, mulai dari desain, fitur, serta powertrain baru yang menawarkan sensasi berkendara dengan motor turbo.

BACA JUGA: Yamaha Nmax Turbo Resmi Mengaspal di Indonesia, Sebegini Harganya

President Director YIMM, Dyonisius Beti menyampaikan bahwa Nmax Turbo dikembangkan dengan konsep "Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty", skutik yang menawarkan tampilan premium, fitur kelas satu, serta kecanggihan teknologi yang tersemat pada motor melalui Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

"Yamaha terus berinovasi dengan teknologi dan berani membuat sesuatu yang beda. Nmax generasi terbaru ini siap membawa konsumen berada di level tertinggi," ujar Dyonisius, saat peluncuran di Jakarta, Rabu (12/6).

BACA JUGA: Kayaba Rilis 4 Sokbreker Baru Buat Yamaha NMax, Aerox, X-Ride dan Honda BeAt

Keunggulan utama NMAX Turbo ialah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 Rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 Rpm.

Performa mesin baru juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional.

BACA JUGA: Suzuki Siapkan Skutik Terbaru Pesaing Honda PCX dan Yamaha Nmax

Penggunaan teknologi itu diklaim mampu memberikan pengalaman berkendara dengan sensasi turbo, melalui fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring).

Sensasi berkendara yang dapat disesuaikan itu bisa dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.

Menurut dia, T-Mode cocok digunakan untuk mobilitas harian di dalam kota, karena karakter berkendara yang lebih lembut serta efisien bahan bakar.

Kemudian, S-Mode cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring, karena menawarkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.

Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S, NMAX Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

Selain Riding Mode, NMAX Turbo juga memiliki fitur lain berupa Y-Shift, di mana pengoperasiannya berupa tombol yang terletak di bawah stang kemudi kiri.

Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya turbo dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).

Fitur itu bisa dimanfaatkan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Selain itu, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

Sampai di sini, artinya Nmax Turbo bukanlah menyematkan part turbocharger yang umum diketahui berbentuk keong, tetapi Yamaha memberikan sensasinya di Nmax terbaru.

Selain fitur-fitur terkait mesin, juga disematkan teknologi dual channel ABS, traction control system, rear sub-tank suspension, dan juga ban tibeless bertapak lebar.

Secara tampilan, Nmax Turbo kini memiliki tampilan DNA MAXi Yamaha yang lebih tegas, sporty dan mewah.

Sistem pencahayaan sudah full LED yang dilengkapi dual projector untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Di area kokpit tersedia layar Multi-Infotainment Display dengan segala informasi kendaraan dan dibuat mudah diakses.

Di MID, pengendara bisa mengontrol pemutaran musik dari ponsel, mendapatkan informasi perkiraan cuaca, fungsi riding mode, serta idikator Y-shift dan lain sebagainya.

Selain itu, tersedia fitur Navigation System dari Garmin Street Cross, dan informasi terkait kondisi sepeda motor juga data berkendara bisa didapatkan pengendara di ponsel pintar melalui fitur konektivitas Y-Connect.

Posisi berkendara nyaman dan ergonomis baik untuk sendiri maupun berbonceng juga tetap dipertahankan, tetapi dengan balutan desain jok baru yang lebih elegan dan premium.

Fitur menarik lainnya seperti Smart Key System, Stop & Start System, Electric Power Outlet Type C, hingga kapasitas bagasi yang besar untuk mengakomodir barang bawaan pengendara.

Yamaha Nmax terbaru dibanderol mulai dari harga Rp 32,7 juta (Neo Standar), Rp 33,7 juta (Neo S), kemudian Nmax Turbo Rp 37.750.000, dan Nmax Turbo Tech Max Rp 43.250.000. Semua harga on the road Jakarta. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yamaha Nmax 155 Hadir dengan Pilihan Warna Baru, Harganya Naik?


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler