Profil Teerasil Dangda, Alumni La Liga Calon Top Skor Piala AFF 2020

Selasa, 21 Desember 2021 – 12:11 WIB
Bomber timnas Thailand, Teerasil Dangda resmi menjadi top skor sepanjang masa Piala AFF melewati torehan Noh Alam Shah. Foto: Instagram/Changsuek

jpnn.com, SINGAPURA - Bomber timnas Thailand Teerasil Dangda baru saja mengukir sebuah rekor pada laga melawan Filipina di fase grup Piala AFF 2020.

Striker gaek berusia 33 tahun itu resmi menjadi top skor sepanjang masa Piala AFF.

BACA JUGA: Profil Ikhsan Fandi, Bomber Singapura yang Punya Kedekatan dengan Indonesia

Pertarungan Thailand vs Filipina pada matchday ketiga Piala AFF 2020 berlangsung di National Stadium, Singapura, Selasa (14/12).

Pada laga itu, Thailand menang 2-1 atas Filipina berkat sumbangsing dua gol Dangda pada menit 26' dan 78'.

BACA JUGA: 2 Wajah Berbeda Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Hati-Hati Jadi Bumerang

Adapun Filipina hanya mampu membalas satu gol lewat aksi Patrick Reichelt menit 57'.

Brace yang diciptakan Dangda ke gawang Filipina menasbihkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa Piala AFF berkat koleksi 19 gol.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Singapura: Shin Tae Yong Sudah Kantongi Kekuatan Lawan

Angka itu melewati catatan striker legendaris timnas Singapura, Noh Alam Shah yang sudah bertahan selama 13 tahun.

Mantan penyerang Arema Indonesia tersebut mencatatkan diri sebagai top skor sepanjang masa Piala AFF pada 2008 dengan gelontroran 17 golnya.

Sejak saat itu, belum ada pemain yang berhasil melewati torehan Noh Alam Shah sebelum akhirnya Dangda memecahkan rekor tersebut di tahun ini.

Meski tidak lagi muda, naluri mencetak gol Dangda terbilang cukup tinggi. Bomber BG Pathum United itu masih berada di puncak top skor Piala AFF 2020 dengan 4 gol bersama Safawi Rasid (Malaysia) dan Bienvenido Maranon (Filipina).

Namun, dua nama terakhir sudah tidak mungkin menambah koleksi golnya karena Malaysia dan Filipina gagal lolos dari fase grup.

Praktis, pesaing terdekat Dangda saat ini ialah winger lincah timnas Indonesia, Irfan Jaya (3 gol).

Kehebatan Dangda sebagai striker jempolan bukan muncul baru-baru ini. Wakil kapten timnas Thailand itu sudah menjadi tumpuan Tim Gajah Perang sejak 2007.

Tercatat hingga saat ini, Dangda telah mengemas 49 gol bagi Thailand. Kemampuan Dangda, bahkan terdengar hingga dataran Eropa.

Klub La Liga, Almeria, pernah menggunakan jasa Dangda untuk mengarungi kerasnya kompetisi di Spanyol pada 2014/15 silam.

Kala itu, Almeria meminjam Dangda satu musim penuh dari Muangthong United. 

Striker langganan timnas Thailand tersebut mencatatkan debutnya di La Liga pada 25 Agustus 2014 ketika Almeria melawan Espanyol.

Dangda diturunkan sebagai pemain pengganti di menit 66' pada laga yang berlangsung di Estadio de Los Juegos Meditteraneos.

Hingga saat ini, Dangda menjadi satu-satu pemain asal Asia Tenggara yang pernah mengecap kerasnya kompetisi La Liga Spanyol.(mcr15/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler