Profil Yudia Ramli, Plh Kapuspen Kemendagri yang Dilantik jadi Pj Bupati Sumedang

Minggu, 21 April 2024 – 12:59 WIB
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (tengah) saat melantik Yudia Ramli sebagai Pejabat Bupati Sumedang pada Sabtu (20/4). Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Yudia Ramli resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Sumedang oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin pada Sabtu (20/4).

Yudia Ramli sebelumnya menjabat sebagai Direktur Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah, dan Barang Milik Daerah (BUMD, BLUD dan BMD) selama setahun.

BACA JUGA: Mentan Amran Minta Pompanisasi di Sumedang jadi Contoh Daerah Lain di Indonesia

Hampir satu tahun, Yudia Ramlia dipercaya menjadi pelaksana harian Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Plh Kapuspen Kemendagri), dan kini diberikan tambahan tanggung jawab sebagai Pj Bupati Sumedang.

Tugas tambahan yang diberikan Presiden Joko Widodo tersebut membuat Yudia Ramli semakin bersemangat untuk mengabdi di dunia birokrat.

BACA JUGA: Hadiri Rakor Wasdal BKN, Pj Bupati Sumedang Kembali Ingatkan Pentingnya ASN Berakhlak

Ditemui seusai pelantikan, Yudia Ramli menegaskan tugas yang diberikan merupakan amanah yang harus dilaksanakan penuh tanggung jawab demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Saya siap melaksanakan tanggungjawab yang diberikan oleh Bapak Presiden sebagai Pj Bupati Sumedang. Mari, kita lanjutkan dan tuntaskan berbagai program prioritas di tahun 2024 ini," tegas Yudia dalam keterangan resminya yang diterima, Minggu (21/4).

BACA JUGA: Puji Kinerja Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman, Menhan Prabowo: Saya Sangat Bangga

Bagi masyarakat Sumedang yang penasaran terhadap sosok penjabat bupati yang baru, berikut profil Yudia Ramli:

Yudia Ramli hampir menghabiskan masa mudanya di Jawa Barat.

Putra asli Sunda ini mengenyam pendidikan mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kabupaten Bandung, tepatnya di SD Negeri II Cilampeni pada 1982, SMP Negeri I Ketapang (1985), dan SMA Negeri 6 (1988).

Setelah lulus SMA, Yudia Ramli langsung melanjutkan kuliah di IAIN Sunan Gunung Jati, Kota Bandung dengan mengambil jurusan dakwah dan lulus pada tahun 1992.

Merasa belum cukup menguasai ilmu dakwah, Yudia juga memperdalam ilmu bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Tak tanggung-tanggung, dirinya melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Yapata di Kabupaten Bandung dan lulus pada 1994.

Walaupun telah menempuh pendidikan yang begitu panjang, Yudia Ramli memilih untuk melanjutkan pendidikan jenjang magister di Yogyakarta, tepatnya di Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Administrasi Publik dan lulus pada 2004.

Bekal pendidikan yang lengkap membuatnya percaya diri untuk melenggang menjadi birokrat di Jakarta.

Sebagai seorang birokrat di Kemendagri, berbagai pendidikan dan pelatihan (diklat) telah dirinya tempuh.

Mulai dari diklat kewirausahaan, yaitu teknologi industri kecil konpeksi, diklat pengembangan ekonomi dan usaha di daerah, diklat e-government, diklat pengadaan barang dan jasa pemerintah, digital leadership academy (DLA) hingga diklat menjaga netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Yudia Ramli juga tercatat telah mengikuti berbagai seminar, mulai dari seminar membangun soliditas dan solidaritas PNS dalam memperkuat birokrasi, seminar pembangunan SDM aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan hingga seminar pengembangan literasi digital bagi ASN.

Dalam perjalanan kariernya di Kemendagri, Yudia Ramli pernah menduduki sejumlah jabatan, mulai dari Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Identifikasi Potensi Bencana pada 2010, Kasubdit Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (2011).

Yudia Ramli juga pernah menjabat sebagai Kasubdit Fasilitasi Kecamatan (2014), Kepala Bidang Kerja Sama Dalam Negeri (2015), serta Kasubdit Fasilitasi Pelayanan Umum pemerintahan 2018.

Kariernya terus menanjak sampai pada tahun 2020-2021, dirinya dipercaya menjadi Kepala PPSDM Regional Bandung.

Namanya semakin didengar masyarakat setelah pada 2021-2023 dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Selanjutnya, Yudia Ramli menjabat sebagai Direktur BUMD, BLUD, dan BMD pada Agustus 2023, dan terakhir dipercaya mendampingi Mendagri Tito Karnavian sebagai Kapuspen atau juru bicara sejak Oktober 2023 sampai dengan saat ini.

Berkat kinerjanya yang bertanggungjawab dan disiplin, Yudia Ramli akhirnya pulang kampung untuk membangun tanah kelahirannya Jawa Barat.

Presiden Jokowi melalui Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin melantiknya sebagai Penjabat Bupati Sumedang.

Mari kita dukung kepemimpinan putra asli Jabar untuk Kabupaten Sumedang yang kita cintai dan banggakan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler