Program Saudagar Tangguh Bantu UMKM dan Pedagang Disabilitas

Jumat, 02 Agustus 2024 – 08:25 WIB
Program Saudagar Tangguh Bantu UMKM dan Pedagang Disabilitas Foto: Baznas Bazis DKI

jpnn.com, JAKARTA - Program Saudagar Tangguh merupakan pemberdayaan ekonomi masyarakat dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta yang memiliki dua benefit, yakni untuk mustahik dan membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Program Saudagar Tangguh pada 2024 berkolaborasi dengan UMKM Bakmi Sultan yang merupakan salah satu UMKM binaan Jakpreneur. Bakmi Sultan juga pemenang terbaik UMKM Jakpreneur tahun ini.

BACA JUGA: Baznas Bazis DKI Panen Ikan Kerapu Centang di Pulau Tidung, Sebegini Jumlahnya

Wakil Ketua II Bidang Pengumpulan dan Pendistribusian Baznas Bazis DKI Jakarta Saat Suharto Amjad mengatakan ada 28 penerima manfaat dan 3 di antaranya merupakan penyandang disabilitas tuna rungu yang di bantu Baznas Bazis DKI Jakarta.

"Kami launching program Saudagar Tangguh Jakarta Timur dengan memberikan bantuan gerobak dan perlengkapan masak yang berkolaborasi dengan Bakmi Sultan,” ujar Saat Suharto dalam keterangannya, Kamis (1/8).

BACA JUGA: Baznas Bazis DKI dan Avrist Assurance Berkurban untuk Warga Kurang Mampu

“Bantuan diberikan kepada 28 penerima manfaat dengan tiga di antaranya adalah disabilitas tuna rungu agar mereka bisa mandiri dengan punya usaha sendiri yaitu berjualan Bakmi Sultan," lanjutnya.

Menurut dia, program Saudagar Tangguh di Jakarta Timur bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi bagi penerima manfaat agar bisa mandiri secara ekonomi.

BACA JUGA: Baznas Bazis DKI Jakarta Salurkan Hewan Kurban untuk Para Santri Difabel & Dhuafa

Selain itu, diharapkan bisa membantu mengurangi angka kemiskinan di DKI Jakarta.

Sementara itu, Walikota Jakarta Timur M Anwar berharap agar para penerima manfaat yang menerima bantuan ini bisa berkembang secara ekonomi.

"Semangat dalam berdagang, sebab salah satu pintu rejeki itu dari berdagang, jangan berikan ikan, tetapi berikan kail dan pancingnya,“ tuturnya.

Selain memberikan bantuan gerobak dan perlengkapan serta bantuan modal usaha, Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga memberikan pelatihan dan pendampingan program.

Hal ini bertujuan agar bantuan yang di berikan memiliki dampak ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat Jakarta. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler