Program Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Targetkan 100 Persen Warga DKI Divaksin

Kamis, 05 Agustus 2021 – 15:03 WIB
Logo program Vaksin Merdeka milik Polda Metro Jaya. Foto: Dok PMJ

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah meresmikan program Vaksinasi Merdeka yang digagas Polda Metro Jaya.

Program tersebut dibuat untuk menargetkan 100 persen warga DKI Jakarta divaksinasi dosis pertama, sehingga mempercepat target herd imunity pada 17 Agustus 2021.

BACA JUGA: Oknum Kepsek Ditangkap Polisi, Kelakukannya Memalukan

Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Yusri Yunus mengatakan, bila mencapai target, hal tersebut akan menjadi kado PMJ merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Harapan kami memberi kado kemerdekaan berupa seratus persen warganya sudah divaksin Covid-19," kata Yusri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/8).

BACA JUGA: Ambulans Tabrakan dengan Truk, Sopir Meninggal di RSAM

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menyatakan, menyukseskan program tersebut pihaknya mendirikan 687 gerai vaksin yang tersebar di 900 RW.

Kemudian, melibatkan sejumlah elemen seperti dokter, perawat, mahasiswa, pengurus RT/RW sampai ibu PKK, Menwa.

BACA JUGA: Papa Muda Mengurung Sang Istri di Kamar, Lalu Nekat Berbuat Tak Terpuji

Tak hanya itu, program tersebut melibatkan anak muda kreatif yang membangun platform seperti Gojek, kitabisa.com, dan loket.com.

"Ini sudah hari kelima Vaksinasi Merdeka berjalan, kami ingin mempercepat vaksinasi Covid-19 yang menjadi program pemerintah," ujar Yusri.

Mantan Kapolres Tanjungpinang itu mengeklaim, program tersebut terbilang efektif. Tercatat, 94,32 persen warga DKI Jakarta sudah divaksin sejak program itu berjalan pada 1 Agustus 2021

Jumlah itu terbilang naik dratis dibadingkan data per-Juli 2021. Pasalnya, kata Yusri, pada periode itu warga Jakarta yang menerima vaksin dosis pertama hanya 84,55 persen.

Pria kelahiran Sulawesi Selatan itu menjelaskan, pihaknya pun berencana berkolaborasi dengan Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat pemenuhan target.

"Kami nanti kolaborasi secara masif dengan Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta," tambah Yusri.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama berjuang melawan Covid-19 dengan mendatangi gerai-gerai vaksin Covid-19 yang sudah tersedia.

Kombes Yusri mengatakan, pada program tersebut banyak mendapatkan keuntungan untuk masyarakat. Seperti relawan mendapatkan gopay, masyarakat ke lokasi gratis menggunakan Gojek.

Kemudian, lokasi vaksinasi dekat dengan rumah warga, dan syarat menggunakan KTP dipermudah dengan domisili dari RT/RW setempat.

BACA JUGA: Mbak Farida Setiap Hari Buka Warung Sayur, Ternyata Cuma Kedok Belaka

"Kami berikan juga voucer gratis yang disponsori salah satu perusahaan ojek online," pungkas Yusri Yunus. (cr3/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler