Prorakyat dan Peduli, Anwar Hafid Pemimpin yang Dibutuhkan Sulteng

Senin, 15 Juli 2024 – 21:01 WIB
Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Cagub Sulteng) Anwar Hafid. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Calon Gubernur Sulawesi Tengah Anwar Hafid dinilai sebagai figur yang paling dibutuhkan Sulawesi Tengah (Sulteng) di masa depan. Anwar Hafid menunjukkan kepedulian konkret, dengan rekam jejak kepemimpin yang sudah terbukti prorakyat kecil.

Menurut pengamat politik Universitas Tadulako Nuralam, Anwar Hafid merupakan wujud hidup seorang pemimpin yang peduli dengan nasib rakyat.

BACA JUGA: Anwar Hafid Putra Terbaik Daerah, Cagub Berkompetensi dan Teruji Membawa Sulteng Lebih Maju

Berkat kerja keras dan kerja nyata Anwar, banyak masyarakat menaruh harapan kepadanya untuk dapat menjadi gubernur Sulteng periode berikutnya.

"Pak Anwar dianggap sebagai representasi dari kepedulian (pemimpin) terhadap masyarakat," ucap Nuralam dalam keterangan yang diterima, Senin (15/7).

BACA JUGA: Demokrat Serahkan Tiket Cagub Riau kepada Kakak M Nazaruddin

Dia menambahkan Anwar sebagai pemimpin telah menunjukkan dedikasi tidak terbatas hanya pada kepentingan pribadi dan golongan, tetapi juga memperhatikan kebutuhan serta aspirasi masyarakat luas.

Menurut dia, sikap terbuka dan penerimaan terhadap setiap individu mencerminkan filosofi kepemimpinan inklusif dan progresif.

BACA JUGA: Totalitas Berjuang Demi Rakyat, Anwar Hafid Meneladan Pemimpin Sulteng Terdahulu

Nuralam menyebut kepedulian nyata Anwar Hafid terhadap rakyat sudah terlihat sejak menjabat sebagai bupati Morowali.

Selama dua periode, Anwar Hafid banyak menggulirkan program prorakyat yang jelas-jelas menaikkan harkat dan martabat rakyat.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sigi mencatat, Angka Harapan Hidup (AHH) di Morowali, yakni 65,22  (tahun) pada 2007, meningkat menjadi 68,45 (tahun) pada 2018.

Angka yang diperoleh Morowali ini berada  di atas AHH Provinsi Sulawesi Tengah, yang hanya 66,10 (tahun) pada tahun 2017, menjadi 67,78 (tahun) pada 2018.

Selepas dilantik pada Desember 2007, Anwar langsung membebaskan biaya kesehatan dan pendidikan bagi seluruh masyarakat Morowali.

Tingginya angka AHH Morowali saat itu juga ditopang oleh program Gema Sebumi (Gerakan Selamatkan Ibu Hamil), sejak saat itu kematian ibu hamil dan balita musnah dari Morowali.

Melihat rekam jejak demikian, Nuralam mengungkapkan, seorang Anwar Hafid sedari dahulu menampilkan dirin sebagai orang yang kompeten, dan selalu sungguh-sunggu memegang komitmen mewakafkan dirinya hanya untuk rakyat. 

"Pak Anwar ini menampilkan diri sebagai orang yang sangat kompeten," katanya.

Anwar Hafid berhasil meraih sejumlah penghargaan atas langkah konkretnya memajukan kehidupan rakyat.

Di antaranya, penghargaan sebagai Legislator Peduli Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Daerah Pemilihan dari KWP Award 2023, kemudian penghargaan dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Award 2022 karena peran aktif menyampaikan aspirasi dan membangun daerah pemilihan.

Selain itu juga, Anwar Hafid meraih penghargaan Anugerah Teropong Parlemen Award sebagai Tokoh Peduli Daerah. (*/boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler