Proses Persalinan Nyaman dengan Teknik Hypnobirthing, Ini Penjelasannya

Jumat, 10 Desember 2021 – 22:29 WIB
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Rumah Sakit Restu Kasihs ebagai bagian dari grup rumah sakit Kasih Group saat ini berupaya meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dengan penyelenggaraan acara edukasi teknik Hypnobirthing.

Teknik Hypnobirthing ini berfokus pada peningkatan kompetensi para bidan dari Puskesmas di berbagai kecamatan dan kelurahan yang tersebar di area Jakarta Timur.

BACA JUGA: Pemulihan Cepat dan Nyaman Pasca-Persalinan dengan Teknik ERACS

Hal ini disampaikan dalam seminar dan talkshow dengan tema “Nyaman Saat Hamil dengan Teknik Hypnobirthing” dengan narasumber Lanny P.S Kuswandi, CHt, CI yang merupakan pelopor Hypnobirthing di Indonesia.

Acara ini juga dihadiri oleh Sri Indiah selaku Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jakarta dan dr. Inu Haryo Harimurti selaku Kepala Pelayanan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Timur.

BACA JUGA: Politisi Selandia Baru Gowes Sepeda ke Rumah Sakit untuk Melahirkan

Ini menggambarkan wujud komitmen bersama untuk kesuksesan dan juga peningkatan kesehatan ibu dan bayi di wilayah Jakarta Timur.

Kegiatan ini adalah bentuk dukungan RS Restu Kasih dan direkturnya dr. Erik Aditya Gunawan beserta jajaran tim untuk ibu dan bayi.

BACA JUGA: Lakukan Ini Jelang Melahirkan, Nagita Slavina Menuai Pujian

“RS Restu Kasih berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman bidan terkait edukasi dan pelayanan kepada ibu hamil, agar dapat tercapainya kesehatan yang lebih maksimal selama proses kehamilan dan persalinan. Edukasi ini juga mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi melalui penyelenggaraan acara seminar dan talkshow Hypnobirthing kepada para bidan khususnya di area Jakarta Timur," kata dr. Erik Aditya.

Mengingat pentingnya peran bidan untuk membantu persalinan dan menjaga kesehatan ibu serta bayinya, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bidan untuk menangani ibu bersalin agar lebih rileks, nyaman, dan tidak takut saat melahirkan sang buah hati, serta mendukung bayi lahir selamat serta sehat

Sementara itu, Hypnobirthing adalah sebuah metode self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi yang digunakan dalam proses melahirkan untuk mengurangi rasa takut, kecemasan, pikiran buruk, ketegangan, dan persepsi negatif yang rentan terjadi pada ibu hamil menjelang dan saat proses melahirkan.

 

Teknik Hypnobirthing menjadi penting untuk dikuasai oleh bidan memandu pikiran ibu agar lebih positif, mampu mengendalikan perasaan, dan menjadi rileks selama proses persalinan.

Bagaimanapun, proses persalinan adalah momen sakral, membahagiakan, dan sangat berarti bagi ibu dan seluruh keluarganya.

Namun, sugesti rasa sakit dalam proses persalinan akibat kontraksi otot-otot rahim dan tekanan pada leher rahim bisa memberikan rasa stres dan nyeri yang luar biasa.

"Rasa nyeri atau sakit sebenarnya bukan bagian dari proses persalinan, karena itu bersyukur Rumah Sakit Restu Kasih bersedia memfasilitasi proses pembelajaran para bidan agar bisa lebih memahami metode Hypnobirthing in," ujar Lanny P.S Kuswandi.

Mengaplikasikan teknik Hypnobirthing bisa membuat ibu memiliki pengalaman positif saat melahirkan yang akan terekam di bawah sadar dan akan selalu dikenang dengan baik, karena minim rasa sakit, mempercepat proses persalinan, lebih rileks, dan memperpendek waktu tinggal di rumah sakit pasca persalinan.

Ini juga mengurangi kebutuhan konsumsi obat penghilang rasa sakit dan meminimalisir risiko gawat janin (fetal distress)—kondisi janin kekurangan oksigen.

Menyelenggarakan kegiatan seminar dan talkshow di masa pandemi, RS Restu Kasih tetap mengutamakan prosedur protokol kesehatan yang berlaku.

Narasumber, penyelenggara, dan semua peserta seminar wajib melakukan pemeriksaan tes swab antigen yang didukung oleh RS Restu Kasih sebelum acara dan memastikan semua yang hadir telah menerima vaksinasi dua tahap, serta membatasi peserta yang hadir dengan kapasitas ruangan yang hanya diisi 50% dari kapasitas normal.

Seminar Hypnobirthing bersama Lanny P.S Kuswandi di RS Restu diharapkan mampu mengedukasi para bidan untuk meningkatkan ketenangan dan kedamaian pada proses persalinan, serta berkontribusi pada kesehatan ibu dan bayi. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler