PSI dan Perindo Sulit Tembus Dominasi Partai Lama di Jabar II

Jumat, 08 Maret 2019 – 13:18 WIB
Pemilu 2019. Ilustrasi: radartegal.com

jpnn.com - Di banyak daerah pemilihan, caleg PSI bisa bersaing ketat dengan para petahana. Tapi tidak di Dapil Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Menurut survei terbaru Y-Publica, partai-partai lama masih sangat mendominasi Jabar II. Gerindra, Golkar dan PDIP sama-sama berpeluang besar meraih dua kursi dari dapil ini.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo – Sandi Unggul, tapi Selisih Belum Dua Digit

BACA JUGA: Survei: Masuk Zona Aman, PSI Langkahi PKS, PPP dan PAN

Caleg Demokrat yang juga mantan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf berada paling atas dengan elektabilitas 13,0 persen. Disusul caleg artis Gerindra Rachel Maryam 9,6 persen.

BACA JUGA: Arief Ungkap Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Capres – Cawapres, Mengejutkan!

Caleg petahana lainnya menyusul pada urutan selanjutnya. Mereka adalah Yadi Srimulyadi dari PDIP (6,3 persen), Cucun Ahmad Syamsurijal dari PKB (6,1 persen), dan Lili Asdjudiredja dari Golkar (5,3 persen).

“Tiga caleg pendatang baru diprediksi bakal menggeser petahana,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (8/3).

BACA JUGA: Bukan Kalah Tipis tapi Sudah Lampaui Pak Jokowi

Iis Edhy Prabowo yang merupan istri petinggi Gerindra Edhy Prabowo meraih elektabilitas 4,5 persen, disusul ketua asosiasi tekstil Ade Sudrajat Usman dari Nasdem (3,8 persen) dan politisi Golkar Tb Ace Hasan Syadzily (2,4 persen).

Caleg lain yang masih cukup aman mempertahankan kursi adalah Jalaluddin Rakhmat dari PDIP (3,1 persen) dan Adang Sudrajat dari PKS (2,1 persen).

Sementara mereka yang terancam tidak mendapatkan kursi adalah Ahmad Najib Qadratullah dari PAN (1,6 persen) dan Erislan dari Hanura (1,1 persen).

Ada pula anggota DPR dari Hanura yang pindah ke Nasdem, Dadang Rusdiana (0,3 persen). Mereka pun harus bersaing dengan caleg dari partai politik (parpol) baru seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Perindo.

“Parpol-parpol baru masih harus berjuang untuk bisa mendapatkan kursi dari dapil Jabar II,” tutur Rudi. Caleg PSI Fredi Darmawan meraih elektabilitas 1,9 persen, sedangkan arsitek perempuan Milly Ratudian Purbasari 1,4 persen. Ada pula Abdul Khaliq Ahmad dari Perindo dengan elektabilitas 0,9 persen.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru: Jokowi – Ma’ruf di Bawah 50 Persen

Senada dengan mereka adalah caleg pendatang baru seperti artis Tina Talisa (1,8 persen), Adjeng Ratna Suminar (1,5 persen), dan politisi senior Nu’man Abdul Hakim (0.4 persen) serta MS Kaban (0,1 persen).

“Masih ada 29,9 persen yang belum menentukan pilihan, sehingga memungkinkan terjadi penambahan elektabilitas,” pungkas Rudi.

Survei Y-Publica menggunakan 800 responden yang dipilih dari setiap kecamatan di Dapil Jabar II. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil Survei Terbaru: Jokowi – Ma’ruf di Bawah 50 Persen


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler