PSM Hanya Butuh 13 Poin Lagi untuk Juara Liga 1 2018

Selasa, 06 November 2018 – 15:11 WIB
Para pemain PSM Makassar. Foto: Idham Ama/Fajar/JPNN

jpnn.com, MAKASSAR - PSM Makassar menyisakan lima laga lagi di Liga 1 2018. Namun, untuk mengunci juara, harus mengoleksi 13 poin tambahan.

Kini, PSM menjauh 5 poin dari Persija dan 4 poin dari Persib. Dua tim yang terus memepet posisi PSM di puncak klasemen.

BACA JUGA: Pesan Pelatih Persib untuk Pemain Jelang Liga 1 2018 Selesai

Dengan kalahnya Persija dari Persebaya, 0-3, PSM kini berjarak dengan tim Macan Kemayoran itu.

Bermain pada waktu bersamaan PSM sukses memetik poin penuh setelah mengalahkan Persipura dengan skor 4-2 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu malam, 4 November.

BACA JUGA: Bungkam PS Tira, Barito Putera Naik Empat Strip di Klasemen

Meski sempat berbalas gol hingga tertinggal, Pasukan Robert Alberts pantang menyerah. Rotasi hingga pergantian pemain berbuah maksimal. Tak pelak dua pemain pengganti Ferdinand Sinaga dan Alessandro Ferreira menciptakan gol masing-masing pada menit ke 82' dan 89'.

Dua gol PSM lainnya dicetak Wiljan Pluim menit ke-12 dan M Rahmat menit ke-80. Sementara Persipura bisa menipiskan skor melalui dua gol Boas Solossa menit ke-26' dan 58’.

BACA JUGA: PSMS Medan Krisis Bek Sayap Kiri Saat Lawan Persib Bandung

Gol terakhir terhitung bunuh diri dari Reva Adi Utama yang coba menghalau sepakan keras Boaz. Usai laga, Pelatih PSM Robertb Alberts pun sangat senang. Pelatih yang hobi mengenakan topi ini juga memantau hasil sang kompetitor lewat jejaring sosial dari telepon selulernya.

Tak pelak usai laga, pelatih berpaspor Belanda itu terus memegang smartphone-nya sembari membuka ucapan selamat yang diberikan kepadanya melalui media sosialnya.

"(Hasil Persija) jadi keuntungan buat kita. Namun, ke depan kita harus tetap fokus. Kita juga punya rencana berbeda-beda. Ini upaya kita punya memainkan game plan terbaik. Dan saya sangat bangga dengan pemain,” jelas Robert.

Pelatih yang sukses mengantar Arema Indonesia juara pada 2009/2010 ini ingin timnya terus fokus. Melawan Persipura, timnya bermain kurang fokus. Hal inilah penyebab PSM sempat tertinggal dari Persipura.

“Kita punya banyak kesempatan. Tapi saya kurang senang, kita kehilangan fokus. Meski tadi sempat ada pressure. Mereka bangkit kembali memenangkan pertandingan ini,” imbuhnya.

Pencetak satu gol PSM sekaligus top skor sementara, Ferdinand Sinaga mengakui duel kontra Persipura tidak mudah. Sempat tertinggal. Tetapi dengan kerja keras rekan-rekannya mampu mebalikkan keadaan.

“Kita dapat hasil bagus. Kami coba fokus pertandingan satu demi satu. Jangan terganggu fokusnya,” papar pemilik nomor punggung 6 ini.

Pelatih Persipura, Oswaldo Lessa mengakui kekalahan timnya, meski telah bermain bagus. Pelatih berpaspor Brasil ini juga mendoakan PSM bisa juara musim ini.

“Ini pertandingan berat. PSM menang. Congratulation. Mereka tinggi. Fight di atas. Kami kurang press sedikit,” puji Oswaldo.

Bek Persipura, Ricardo Salampessy juga berharap PSM juara sebagai sesama klub asal Indonesia timur. Ia menjagokan PSM unggul dari persaingan Persija dan Persib hingga laga terakhir.

Terlebih PSM baru saja merayakan hari jadi beberapa hari lalu.

"Selamat ulang tahun untuk PSM. Sukses ke depannya. Saya berharap PSM juara musim ini," harapnya.

Syarat Juara

Untuk mengunci juara, PSM minimal bisa mencuri 4 poin dari dua laga kandang sisa. Laga kandang harus disapu bersih. Sebab, Persija dan Persebaya maksimal hanya bisa mengejar dengan 64 poin dan 63 poin.

Namun, PSM harus menghindari poin 64. Raihan sama dengan Persib. Pasalnya PSM kalah head to head dari Maun Bandung.

CEO PSM Munafri Arifuddin menargetkan timnya bisa memetik poin penuh meski di markas lawan. Diakuinya poin 66 cukup untuk mengunci gelar.


“Anak-anak bermain bagus. Kami akan terus dorong. Motivasi dia agar bisa tetap maksimal di markas lawan,” ucap Appi. (tam/zuk-rif)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hitung-hitungan Peluang PSM Makassar Juara Liga 1 2018


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler