PT BEST Berharap KPPU Bisa Berikan Keadilan Bagi Pelaku Usaha

Kamis, 15 Agustus 2024 – 15:31 WIB
Perwakilan PT BEST mengadu ke KPPU. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh (BEST) sebuah perusahaan nasional telah melaporkan NINGBO AUX IMP & EXP CO., LTD, perusahaan berbadan hukum Tiongkok sebagai pemilik merek AUX Air Conditioner ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Pengaduan dilakukan melalui surat tertanggal 14 Agustus 2024 atas dugaan Pelanggaran Pasal 23 Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

BACA JUGA: Terkait Hasil Putusan KPPU, PT PP Bakal Ajukan Keberatan

Kuasa hukum PT BEST Slamet Riyadi dan Teja Yulianto menyebut bahwa pihak kliennya sebagai distributor tunggal di Indonesia telah berhasil memasarkan produk pendingin udara merek AUX di seluruh wilayah Indonesia selama lebih dari 20 tahun.

Sehingga, AC merek AUX dikenal luas oleh seluruh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: KPPU Sebut RPM Cegah Persaingan Usaha Tak Sehat

Namun, pada 5 Juli 2024 NINGBO AUX IMP & EXP CO., LTD secara sepihak memutuskan kontrak distributor tunggal di Indonesia kepada PT BEST tanpa melalui itikad bisnis yang baik dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

“Bahwa akibat pemutusan kontrak distributor tunggal secara sepihak sebelum masa berakhirnya perjanjian, berdampak kerugian yang dialami oleh PT BEST,” kata Teja dalam siaran persnya, Kamis (15/8).

BACA JUGA: KPPU Didesak Usut Monopoli Menara Telekomunikasi di Badung

Kerugian juga dialami oleh konsumen atas produk terkait unit AC merek AUX yang telah terjual oleh PT BEST di seluruh wilayah Indonesia atas layanan purnajual dan atas garansi produk.

“Selain itu PT BEST juga mengalami kerugian secara materil dan immateril,” sambung Teja.

Sementara Slamet Riyadi mengungkapkan harapannya agar majelis KPPU dapat memberikan rasa keadilan untuk pelaku usaha.

“Dan demi terjaganya iklim usaha yang sehat sesuai amanat UU di NKRI dan juga menghimbau agar perusahaan dapat mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia,” kata dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cegah Barrier to Entry, KPPU Dalami Dugaan Monopoli Menara BTS di Badung


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pt best   KPPU   distributor   AC  

Terpopuler