PT KAI Raih Penghargaan Sebagai BUMN Transportasi Pengembang UMKM Terbaik

Kamis, 19 Agustus 2021 – 11:47 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mengembangkan UMKM binaan. Foto dok KAI

jpnn.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan kategori Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PKBL Pengembang UMKM Terbaik, dalam ajang Penganugerahan 8th UNS SME's AWARDS.

Acara tersebut digelar oleh Universitas Sebelas Maret, Surakarta (UNS) secara daring pada Rabu (18/8).

BACA JUGA: Zenius Gelar Kompetisi, Banjir Hadiah Lebih Dari Rp1 Miliar

Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo yang diserahkan oleh Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Rektor UNS dan seluruh panitia Penganugerahan 8th UNS SME's AWARDS atas penghargaan yang diberikan kepada KAI. Penghargaan ini akan semakin memacu KAI dalam berkontribusi mendukung para pelaku UMKM,” ujar Didiek.

BACA JUGA: Menko Airlangga: Industri Kelapa Sawit Sektor Strategis Bagi Perekonomian Masyarakat

KAI mendapatkan penghargaan kategori Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PKBL Pengembang UMKM Terbaik karena upayanya dalam pemberdayaan dan penguatan bisnis UMKM, melalui berbagai model pendampingan dan bantuan untuk perkembangan UMKM.

Dalam meningkatkan produktivitas UMKM, KAI menyelenggarakan berbagai program pengembangan UMKM.

BACA JUGA: PPKM Diperpanjang, KAI Daop 8 Surabaya Batasi Penumpang di Bawah 12 Tahun

Program-program tersebut yaitu pelatihan dari para praktisi dan akademisi terkait penanganan keadaan krisis, dasar-dasar keuangan bisnis, dan digital marketing, program sertifikasi usaha, program UMKM On Station, serta pembelanjaan perusahaan ke UMKM.

Saat ini, terdapat 2.544 UMKM binaan KAI di berbagai kota yang terdiri dari bidang industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan jasa.

KAI juga melakukan pembelanjaan APD kepada Mitra Binaan dan membantu para mitra binaan yang sebelumnya melakukan penjualan secara konvensional/offline menjadi online melalui marketplace.

Pada Januari-Juli 2021 KAI mengeluarkan dana sebesar Rp1.345.000.000 dalam pembinaan UMKM Binaan KAI. Jumlah ini meningkat 140% dibanding periode yang sama pada 2020 sebesar Rp560 juta. Hal ini menunjukkan komitmen KAI untuk mendukung UMKM yang ada di Indonesia.

“Kami berharap KAI terus dapat berkontribusi untuk UMKM di Indonesia, sehingga UMKM di Indonesia dapat terus maju, berkembang, dan bersaing di dunia industri nasional,” seru Didiek.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PT KAI   KAI   BUMN   UMKM   Kereta Api Indonesia  

Terpopuler