PT Pelindo II Dukung Investasi Berorientasi Ekspor

Kamis, 26 April 2018 – 03:08 WIB
Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G. Masassya mendampingi Presiden Joko Widodo saat meresmikan ekspor perdana Mitsubishi Xpander di Indonesia Kendaraan Terminal (IPC Car Terminal), Cilincing, Jakarta, Rabu (25/4). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelindo II (Persero) / IPC siap mendukung pengembangan investasi di Tanah Air yang berorientasi ekspor demi memperkuat perekonomian nasional.

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G. Masassya mengatakan fasilitas yang dimiliki Pelindo II telah digunakan untuk pengembangan ekspor industri otomotif.

BACA JUGA: Jatim Bidik Investasi USD 120 Miliar

Hal ini disampaikan Elvyn, saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan ekspor perdana Mitsubishi Xpander di Indonesia Kendaraan Terminal (IPC Car Terminal), Cilincing, Jakarta, Rabu (25/4).

Mulai Rabu, kemarin, sebanyak 3.000 kendaraan yang diproduksi Mitsubishi di Indonesia itu diekspor untuk memenuhi kebutuhan pasar di Filipina.

BACA JUGA: Lepas Ekspor Mitsubishi Xpander, Jokowi Tampak Emosional

“IPC Car Terminal adalah salah satu dari 17 anak perusahaan IPC, yang merupakan terminal kendaraan terbesar di Indonesia, dan terminal terbesar ketiga di Asia Tenggara. Pada tahun 2017, IPC Car Terminal tercatat menampung dan menangani 345.863 (tiga ratus empat puluh lima ribu delapan ratus enam puluh tiga) unit kendaraan,” katanya.

Menurut Elvyn, pada tahun ini, IPC akan membangun port stock dengan total luas 62,5 hektar. “Dengan demikian, kita akan memiliki terminal pelabuhan kendaraan terbesar kelima di dunia,” katanya.

BACA JUGA: Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

IPC Car Terminal tidak hanya menyediakan jasa pelayanan kendaraan, alat berat, spare part dari sisi komersial, namun juga dari sisi non-komersial. Dari sisi komersial, menurutnya, IPC Car Terminal juga menyediakan jasa penanganan ekspor impor di terminal internasional dan distribusi antar pulau.

Dari sisi non-komersial, IPC Car Terminal mendukung penuh program Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Tol Laut dalam rangka mengalihkan angkutan barang yang selama ini menggunakan darat, beralih menggunakan angkutan laut. Dalam hal ini RoRo trayek Tanjung Priok tujuan Lampung PP dengan menggunakan 4 kapal, bekerja sama dengan perusahaan swasta.

Selain itu, juga RoRo trayek Tanjung Priok tujuan Gresik pp dengan menggunakan 1 kapal bekerjasama dengan perusahaan swasta. Dalam tahun ini, akan bertambah lagi kapal yang akan menangani juga tujuan distribusi.

Dalam 3 tahun terakhir, lanjut Elvyn, IPC Car Terminal mengalami pertumbuhan signifikan baik dari sisi volume, pendapatan dan keuntungan, yang mencapai trend kenaikan 30 persen. Realisasi tahun 2017 pendapatannya mencapai Rp 422,1 Milyar, untuk EBITDA sebesar Rp 175,4 miliar, dan Net Profit sebesar Rp 130,1 Miliar.

“IPC Car Terminal pada semester I Tahun 2018 ini akan melantai di bursa saham BEI. Saat ini kami sudah mendapatkan persetujuan dari kementerian BUMN,” kata Elvyn.
Dalam kesempatan itu, Elvyn menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Mitsubishi Motor Corporation dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia yang telah mempercayakan IPC Car Terminal menangani ekspor-impor maupun distribusi antar pulau selama ini.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengapresiasi Pabrik Mitsubishi yang mampu menarik lebih banyak tenaga kerja lokal. "Walaupun sudah menggunakan robotik canggih, tenaga kerja tetap diperlukan. Saya dengar Mitsubishi menargetkan sebanyak 4.000 tenaga kerja dari saat ini yang baru 3.000 tenaga kerja," kata Menperin.

Sementara itu, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corp, Osamu Masuko menyampaikan penghargaan yang besar kepada Presiden Jokowi dan juga Menteri Airlangga dan semua otoritas di Indonesia yang telah mendukung peluncuran ekspor Mitsubishi Xpander.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mitsubishi Xpander Sukseskan Indonesian Idol 2018


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler