PT PP Update Progres Pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II

Minggu, 01 November 2020 – 22:10 WIB
Pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II. Foto dok PT PP

jpnn.com, JAWA TENGAH - PT PP menggarap investasi pengembangan kawasan industri, yaitu Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Provinsi Jawa Tengah.

Adapun investasi terkini yang sedang digarap oleh perseroan, yaitu pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II di Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA: PT PP Menjadi Pioneer dalam Mengimplementasikan BIM di Indonesia  

"Pembangunan ini untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan khususnya dalam bidang investasi jalan tol," ujar Direktur Utama PT PP Novel Arsyad.

Dalam proyek ini perseroan bersama dengan PT Wijaya Karya (Wika) dan PT Misi Mulia Metrical (MMM) membentuk perusahaan patungan yang diberi bernama PT PP Semarang Demak.

BACA JUGA: Ini Sederet Proyek PT PP yang Berhasil Diresmikan Hingga Oktober 2020

Adapun prosentase kepemilikan saham pada saat pendirian dalam perusahaan tersebut, yaitu PT PP sebesar 65 persen, WIKA sebesar 25 persen, dan MMM sebesar 10 persen.

"Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ini memiilki nilai kontrak keseluruhan sebesar Rp3,78 triliun di mana terdapat porsi kontrak PT PP sebesar Rp2,84 triliun," jelas Arsyad.

BACA JUGA: PT PP Turut Majukan Geliat Ekonomi Lewat Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ini memiliki lintasan sepanjang ± 16,3 kilometer (STA 10+690-STA 27+000) yang dimulai dari Kecamatan Sayung.

Dalam pembangunan proyek ini, perseroan melaksanakan pembangunan sepanjang 13,30 kilometer dimulai dari STA 12+200 sampai dengan STA 25+500.

Proyek ini dilaksanakan dalam kurun waktu 27 bulan kalender sejak Desember 2019 dan ditargetkan akan selesai pada Maret 2022.

Sampai dengan Oktober 2020, perseroan telah melaksaan pekerjaan lapangan dengan progress phisik konstruksi mencapai sekitar 21%.

Adapun ruang lingkup pekerjaan pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak, antara lain: pekerjaan slab on pile sepanjang 8,387 kilometer, pekerjaan timbunan sepanjang 7,356 kilometer, pekerjaan struktur jembatan sepanjang 567 meter, dsb.

Kehadiran Jalan Tol Semarang-Demak ini akan memiliki banyak manfaat positif bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Pulau Jawa. Dengan adanya jalan tol ini akan memudahkan mobilisasi antar wilayah dan meningkatkan efisiensi industri di wilayah Jawa Tengah.

Dengan adanya akses transportasi yang baik juga akan membuat industri semakin efisien. Selain itu, kehadiran jalan tol ini akan mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang berada di kawasan Pantai Utara (Pantura).

“Diharapkan dengan adanya jalan tol ini akan meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan yang ada di kawasan utara Pulau Jawa. Selain itu, keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah-wilayah sekitar dan mendorong meningkatkan perekonomian di wilayah sekitar. Kami berharap investasi jalan tol ini akan berjalan lancar dan memberikan nilai tambah sehingga akan meningkatkan kinerja perusahaan," tutur Arsyad.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler