PTPP Maksimalkan Bisnis Hotel

Senin, 19 Maret 2012 – 11:43 WIB
JAKARTA - PT PP Tbk (PTPP) tidak main-main merambah industri perhotelan. Lini  bisnis itu bakal diperkuat secara bertahap dengan menambah satu demi  satu hotel tiap tahun. Itu dilakukan menyusul saat ini manajemen baru  memiliki dan mengoperasikan satu hotel bintang tiga, Park Hotel di  kawasan Cawang, Jakarta Timur. "Kami sedang bangun hotel kedua di Bandung dan bakal beroperasi tahun ini juga," tutur Tumiyana, Direktur  Keuangan PTPP di Jakarta.

Selanjutnya pada 2013, perseroan juga bakal membangun satu hotel lagi  di Makassar, Selawesi Selatan (Sumsel). Proyek di Makasar ini diharap  bisa digeber tahun depan. Itu setelah perseroan menyelesaikan studi  dan desain. Studi dan desain itu saat ini sudah masuk fase final.  ”Kalau tidak ada hambatan tahun depan hotel Makasar sudah bisa di
mulai,” ucap Tumiyana.
 
Sejauh ini, level hotel Makassar akan sama dengan model Jakarta dan  Bandung. Hotel berbintang tiga memiliki ceruk pasar sangat potensial.  Dua faktor utama adalah pariwisata domestik dan pertumbuhan ekonomi  yang mendorong mobilitas bisnis. Selanjutnya, kedua situasi itu  disokong tiket penerbangan yang begitu kompetitif dan memurah. "Bisnis  hotel ini menjadi sumber recurring income pendapatan berulang atau recurring income," jelas Tumiyana.
 
Nah, kalau proyekhotel di Makasar dan Bandung berjalan sesuai skenario  maka bidikan berikutnya adalah Pulau Dewata, Bali. Mengenai biaya  tidak terlampau mahal. Kalkulasi investasi untuk konstruksi Rp 75  miliar. Jumlah kamar ditetapkan sebanyak 170 unit dan target okupansi  mencapai 92 persen. Konsep dasar bisnis perseroan adalah memanfaatkan  dan mengoptimalkan lahan milik BUMN. ”Sekaligus maksimalisasi nilai aset perseroan,” katanya.
 
Hingga penghujung 2012 nanti, perseroan membidik pendapatan recurring  income senilai Rp 9 miliar. Sementara target pendapatan sepanjang  tahun ini Rp 8,7 triliun alias meningkat sebesar 29,85 persen  dibanding tahun lalu. Dengan begitu, kontribusi recurring income baru  mencapai 1,3 persen. Sedangkan laba bersih diharap Rp 305 miliar atau  tumbuh signifikan sebesar 49,5 persen dibanding realisasi 2011 sebesar Rp 240,22 miiliar. (far)
BACA ARTIKEL LAINNYA... SMGR Kejar Target dengan Dekati Pelanggan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler