PU Adakan Pelatihan Perencanaan

Senin, 13 April 2009 – 18:38 WIB
JAKARTA-Departemen Pekerjaan Umum melalui Badan Pembinaan Konstruksi dan SDM memberikan pelatihan perencanaan, penilaian dan manajemen konstruksi atau yang disebut project cycle kepada aparat pemerintah Palestina.“Pelatihan ini merupakan komitmen pemerintah kami untuk meningkatkan capacity building aparat Palestina” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam sambutan pembukaan yang juga dihadiri oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi di Gedung Departemen PU Jakarta (13/4).

Sementara itu Direktur Enviromental Quality Authority Palestina, I Al Baba mengatakan serangan Israel terakhir telah memberikan kehancuran luar biasa terhadap berbagai infrastruktur dan permukiman warga Palestina“Kehancurannya luar biasa dan belum pernah terjadi dalam perang-perang sebelumnya dimana diperkiraan sebanyak 20 ribu rumah hancur” jelasnya.

Serangan Israel, kata I Al Baba selain menghancurkan permukiman juga infrastruktur jalan, bandara, pelabuhan udara, dan sarana sanitasi masyarakat

BACA JUGA: DPR Target Selesaikan 39 RUU

“Mereka menghancurkan semuanya” katanya
Untuk melakukan rekonstruksi kembali, tambah I Al Baba diperkirakan memerlukan dana sebesar 2 ribu milyar dollar Amerika.

Pelatihan di bidang konstruksi tersebut merupakan bagian dari komitmen Indonesia mendukung Palestina yang pada forum New Asian-African Strategic Partnership (NAASP) Ministerial Conference on Capacity Building for Palestine di Jakarta tahun lalu, menyatakan akan memberikan bantuan pelatihan bagi 1000 orang Palestina secara bertahap hingga tahun 2013.

Melalui pelatihan ini diharapkan Pelestina mampu membangun kembali infrastruktur di negaranya melalui pengetahuan manajemen proyek sebagai langkah awal pekerjaan di bidang konstruksi.

Pelatihan project cycle yang diikuti oleh 13 orang aparat palestina tingkat level menengah sendiri dilakukan di Hotel Century Senayan Jakarta dengan materi yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Palestina

BACA JUGA: Ke KPK Jhony Bawa 20 Bodyguard

Menteri Pekerjaan Umum berharap pelatihan seperti ini nantinya dapat dilakukan di negara yang berdekatan dengan Palestina sehingga peserta yang ikut jumlahnya dapat lebih banyak.

Disamping Departemen PU, bantuan peningkatan capacity building juga diberikan melalui berbagai institusi dan Departemen Teknis lainnya seperti Departemen Kebudayaan dna Pariwisata, BKKBN, Depkominfo, Depsos, dan Departemen Kelautan dan Perikanan
(rie/JPNN)

BACA JUGA: RUU Tipikor jadi Prioritas DPR

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kata Jhony, untuk Persamakan Persepsi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler