Publik Menunggu Sikap Tegas Ruki terkait Kasus BG

Minggu, 22 Februari 2015 – 02:14 WIB
Taufiequrahman Ruki. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sikap Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiequrahman Ruki yang masih belum tegas terkait tindak lanjut penanganan perkara Komjen Budi Gunawan (BG) mengundang banyak kritik. Bahkan sejumlah pihak meminta plt pimpinan menandatangani pakta integritas sebagai wujud komitmen mereka terhadap pemberantasan korupsi.

Anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengatakan sikap Taufiequrahman Ruki yang condong menyerahkan penanganan perkara Budi Gunawan ke Polri atau Kejaksaan patut dipertanyakan. Menurut Emerson, jika hal tersebut terjadi publik pantas menyangka Ruki masuk KPK untuk menyelamatkan kasus yang melibatkan almamaternya.

BACA JUGA: 50 Anggota Polri Siap Ikut Seleksi Penyidik KPK

"Kami tetap berharap kasus BG bisa terus ditindaklanjuti KPK, tak ada alasan untuk menyerahkan kasus ini ke penegak hukum lain," ujarnya. 

Posisi Ruki sebagai purnawirawan jenderal bintang dua dan komisaris Bank Jabar Banten bisa rentan menimbulkan konflik kepentingan. Apalagi selama menjabat pimpinan KPK jilid satu, Ruki disebut tak pernah menyidik kasus yang melibatkan almamaternya, Polri. 

BACA JUGA: Moeldoko Ingatkan Resimen Mahasiswa Harus Siap Bela Negara

Publik memang menduga penempatan Ruki dan Indriyanto Seno Adji merupakan deal politik dengan mereka yang mendukung Budi Gunawan. Dugaan itu muncul karena track record kedua plt itu cukup meragukan. Dalam kasus Budi Gunawan bahkan keduanya kerap mengkritik KPK dan seolah memberi dukungan pada Budi Gunawan. (gun)

BACA JUGA: Ini Alasan Kasasi KPK Harus Dikabulkan MA

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Sampai Carut Marut Penerbangan di Indonesia jadi Lelucon


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler