Puji Seni Budaya Cirebon, Ganjar Pranowo Mengutip Trisakti Bung Karno

Sabtu, 03 Juni 2023 – 19:19 WIB
Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo saat menghadiri acara 'Silaturahmi & Melestarikan Budaya Kota Wali' di GOR Ranggajati, Kota Cirebon, Sabtu (3/6). Foto: supplied

jpnn.com, CIREBON - Bakal capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo memuji Cirebon, Jawa Barat, sebagai daerah yang kaya akan seni budaya.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu menyampaikan hal tersebut di hadapan para seniman, ulama, dan tokoh masyarakat dalam acara 'Silaturahmi & Melestarikan Budaya Kota Wali' di GOR Ranggajati, Cirebon, Sabtu (3/6).

BACA JUGA: Joging Pagi di Kota Udang, Pak Ganjar Sarapan Nasi Jamblang

Sebelum Ganjar diberi kesempatan menyampaikan sambutan, tari sintren khas Cirebon ditampilkan untuk menghibur para hadirin. Penari sintren yang masih belia bergerak mengikuti tetabuhan khas cirebonan.

Ada pula tari topeng yang juga ditampilkan pada pertemuan itu. Ganjar diajak naik ke panggung untuk menari topeng.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Disambut Nyai dan Santri Ketika Berkunjung ke Ponpes Buntet Cirebon

Pria kelahiran 28 Oktober 1968 itu pun bergerak menirukan para penari. Ganjar juga tampak memegang topeng.

Saat menyampaikan kata sambutan, Ganjar memuji topeng yang dipegangnya.  "Ini topengnya bagus sekali, dibuat dari kayu dan halus sekali,” ucapnya di acara yang dihadiri ribuan orang itu.

BACA JUGA: Ganjar Sebut 4 Kali jadi Jurkam di Pilpres, 2 untuk Bu Mega, 2 Pak Jokowi

Namun, Ganjar meminta maaf karena tidak mengenakan topeng itu. Dia beralasan harus menunjukkan wajahnya apa adanya.

“Mohon maaf, saya tidak pakai topengnya. Biarlah para penari yang pakai, karena saya bukan penari. Seorang pemimpin harus menunjukkan wajah aslinya, bukan topengnya," kata Ganjar disambut aplaus para hadirin.

Ketua umum Keluarga Alumnus Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) itu mengaku senang bisa melakukan berbagai kegiatan di Cirebon pada akhir pekan ini. Ganjar mengawali aktivitasnya di daerah berjuluk Kota Udang itu dengan joging pagi, lalu sarapan nasi jamblang.

Suami Siti Atiqoh itu merasa senang dengan sambutan masyarakat Cirebon. Menurut Ganjar, dirinya selalu disuguhi budaya khas Cirebon setiap menghadiri acara di kota pesisir itu.

"Cirebon itu basis tradisi dan budayanya sangat kuat. Ada banyak sekali, seperti tari topeng, sintren, gembyung, genjring rudat, angklung bungko dan lainnya,” kata Ganjar.

Bakal capres dari koalisi PDIP, PPP, dan Hanura itu juga menyitir salah satu ajaran Bung Karno dalam Trisakti, yakni berkepribadian dalam kebudayaan.

“Jadi, kalau Bung Karno bilang kita harus berkepribadian dalam kebudayaan, Cirebon menjadi salah satu penyumbang terbesarnya," ucap Ganjar kembali mengundang aplaus.

Ganjar mencontohkan genjring rudat atau seni pencak silat yang diiringi rebana. Menurut dia, kesenian yang berkembang di pesantren-pesantren di Cirebon itu sangat menarik.

"Saya bayangkan kalau ada festival seni budaya di Cirebon, akan sangat luar biasa, seni budayanya bagus, kulinernya oke, masyarakatnya ramah. Toplah," jelasnya.

Oleh karena itu, Ganjar mengajak anak-anak muda melestarikan kesenian tradisional. Dia menegaskan anak-anak muda bisa diajak untuk berkolaborasi dalam menjaga dan memopulerkan berbagai seni budaya khas Cirebon.

“Misalnya sintren tadi dikolaborasikan dengan band modern, penampilan tari topeng dengan melibatkan kreator muda, tentu akan lebih menarik lagi, sehingga di setiap generasi akan muncul kreasi baru,” gagasnya.

Pada silaturahmi itu, salah satu budayawan Cirebon Nana Karmana mengapresiasi kepedulian Ganjar terhadap seni dan budaya.

Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Cirebon itu mengharapkan Ganjar jika kelak menjadi presiden terus mengangkat potensi seni dan budaya daerah.

"Kami yakin, Pak Ganjar mampu mengangkat potensi seni budaya Indonesia, khususnya Cirebon lebih baik lagi," ucapnya.(jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Juragan Bela Jokowi soal Cawe-Cawe agar Indonesia Punya Pemimpin Jempolan


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler