Pulang Umrah Diduga Idap MERS, Langsung Masuk RS

Jumat, 09 Mei 2014 – 08:22 WIB

jpnn.com - BANDUNG - Diduga terkena suspect virus MERS atau yang lebih dikenal sebagai virus unta, ketiga orang yang baru pulang umrah itu terpaksa mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.  Mereka adalah E (51), R (60) dan A (51).

Kepala Humas RSHS dr Nurul Wulandhani mengatakan, ketiganya kini menjalani perawatan di ruang isolasi Flamboyan RSHS Bandung. Ketiga pasien ini baru saja pulang dari menunaikan ibadah umroh di Arab Saudi.

BACA JUGA: Tetap Berangkatkan Calon Jamaah Haji

"Dua pasien (R dan A) merupakan rujukan dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Majalaya, Kabupaten Bandung dan RSUD Ujungberung. Untuk E ini beliau baru masuk ke ruangan kemarin," katanya saat ditemui di RSHS Bandung, Kamis (8/5).

Dia menambahkan, berdasarkan penanganan dan hasil observasi, R dan A dinyatakan negatif. "Keduanya masih mendapat perawatan intensif," ucapnya.

BACA JUGA: Penderita AIDS Meningkat 15 Persen

Sedangkan E, masih dilakukan observasi karena dia E baru tiba Rabu lalu. Tim dokter juga telah mengambil sampel opus tenggorokan untuk diperiksa di Balitbangkes Jakarta.

"E ini beliau baru masuk ke ruangan kemarin sehingga kami belum pastikan hasilnya seperti apa. Hasil uji sampel nantinya bisa diketahui negatif atau positif tidaknya Tuan E terserang virus mers," ucapnya.

BACA JUGA: Produk Tiongkok Dominasi Impor Jambi

Namun dari keterangan E, dia mengeluhkan kondisi yang menurun dan tidak stabil serta keluhan terkena flu dan batuk.

"Tuan E riwayat perjalanan terakhir ke tanah suci, maka kami tinjau sesuai prosedur menangani susfect kan memang dikhawatirkan ke arah sana (virus MERS)," ungkapnya. (bal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil Spiritual Romo Sugianto, Ryamizard Pendamping Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler