Punya Kepemimpinan Berkelas Dunia, Prabowo Meraih Dukungan Gen Z dan Milenial

Kamis, 27 Juli 2023 – 00:02 WIB
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sosok Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dianggap sebagai pemimpin berkelas dunia.

Kepemimpinan Prabowo terbukti menarik suara Generasi Z dan milenial untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

BACA JUGA: Prabowo Diprediksi Akan Jauh Makin Unggul Dibanding Capres Lainnya

Sikap kepemimpinan Prabowo yang kuat menginspirasi generasi muda.

Hal itu diungkap Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional Adib Miftahul.

BACA JUGA: Punya Relasi Internasional, Prabowo Subianto Layak Dipilih di Pilpres 2024

Menurut Adib, menteri pertahanan andalan Presiden Jokowi ini memiliki karisma dan daya pikat yang besar bagi pemilih dari kalangan muda.

Selain itu, lanjut dia, ketegasan Prabowo dalam memimpin menjadi sebuah keunggulan untuk menghadapi ketidakpastian yang sering kali ditakutkan oleh kalangan muda.

BACA JUGA: Capres Potensial Pilpres 2024, Prabowo Subianto Punya Kompetensi Hadapi Tantangan Global

“Ketokohan senior, basically, pendidikan yang mungkin banyak networking dia di luar negeri ini yang dilihat oleh Gen Z,” kata Adib dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, Prabowo merupakan sosok yang memiliki garis ketegasan dalam memimpin Kementerian Pertahanan dan juga Partai Gerindra.

Terbukti, ungkap dia, dengan ‘tangan dingin’ Prabowo, Kemhan menjelma menjadi kementerian terbaik di Kabinet Indonesia Maju.

Merujuk data yang dirilis survei Indonesia Political Opinion (IPO) periode 5-13 Juni 2023, Kemhan terbukti mendapatkan penilaian positif dari masyarakat.

Kemhan berhasil mendapatkan penilaian 82,1 persen dan berada di peringkat pertama.

Menguntit di belakangnya, ada Kementerian BUMN yang dinilai oleh masyarakat sebesar 74,5 persen, dan Kemenko Polhukam di peringkat ketiga dengan total penilaian 66,9 persen.

Di sisi lain, ujar dia, ketegasan Prabowo juga terbukti mengalir di setiap derap langkah kader-kader Partai Gerindra.

Menjabat sebagai ketua umum, Prabowo sukses menjadikan Gerindra sebagai partai yang solid dan jauh dari riak-riak politik menjelang Pilpres 2024.

Selain itu dukungan Gen Z dan milenial kepada Prabowo terbukti sangat kencang.

Jika dilihat dari survei teranyar yang dikeluarkan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Prabowo berhasil bertengger di urutan pertama bagi para pemilih di Gen Z dan milenial.

Pada Gen Z atau pemilih dengan usia kurang dari 26 tahun, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan 40,5 persen.

Jauh lebih tinggi dari capres asal PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dengan dukungan 35,5 persen dan capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan yang hanya meraup suara 22,0 persen.

Sementara itu, pada pemilih milenial atau pada klaster usia 27-42 tahun, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan tertinggi sebanyak 37,1 persen suara.

Diikuti Ganjar 34,8 persen dan Anies di peringkat ketiga dengan 21,9 persen suara.

Melihat hal tersebut, Adib menjelaskan pilihan Gen Z untuk mendukung Prabowo juga tidak terlepas dari kemajuan teknologi dan pesatnya perkembangan media sosial.

Prabowo saat ini selalu melakukan pendekatan kepada kalangan muda melalui media sosial.

Maka dari itu, dengan pesatnya kemajuan teknologi dan membuka ruang-ruang komunikasi, ketegasan Prabowo makin terlihat nyata bagi Gen Z dan menjadi daya pikat yang mumpuni menjelang Pilpres 2024 mendatang.

“Kemajuan teknologilah yang membuat ruang-ruang komunikasi, ruang-ruang informasi sehingga Gen Z ini mau melihat bahwa oh ini figur Prabowo dengan garis ketegasan tadi,” pungkasnya.(boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Prabowo   kepemimpinan   Gen Z   Milenial   Pilpres   Capres  

Terpopuler