Pupuk Indonesia Terapkan 3 Strategi Transformasi Human Capital, Ini Tujuannya

Jumat, 07 Oktober 2022 – 11:37 WIB
PT Pupuk Indonesia berusaha menjadi perusahaan top global dengan melakukan transformasi human capital. Foto: Humas Pupuk Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen melaksanakan transformasi sumber daya manusia (SDM) atau human capital demi menjadi perusahaan kelas dunia. 

Hal ini akan membawa Pupuk Indonesia menjadi perusahaan top global yang sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta BUMN untuk bertransformasi dan berinovasi.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Sebut Teknologi Ini Bisa Awasi Distribusi Secara Real Time

Direktur SDM, Tata Kelola, dan Manajemen Risiko Pupuk Indonesia Tina T. Kemala Intan mengatakan pihaknya melakukan transformasi human capital dengan menerapkan tiga inisiatif strategis. 

Pertama, memperkuat organisasi melalui strategi talenta yang lebih baik. Kedua, memperkuat talent sourcing, keberagaman, rasa keterikatan terhadap perusahaan, dan afiliasi karyawan. Ketiga, menciptakan budaya perusahaan yang kolaboratif dan berkinerja tinggi.

BACA JUGA: Dirut Pupuk Kaltim Dapat Gelar Kebangsawanan dari Kesultanan Kutai Kartanegara

Dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkelas dunia, Pupuk Indonesia awalnya memperkuat strategi pemilihan talenta yang meliputi pemilihan karyawan yang berkinerja unggul, penerapan nilai-nilai utama akhlak, memiliki kompetensi serta learning agility yang dipersyaratkan untuk menghadapi tantangan ke depan.

Kemudian, para talenta unggul diterjunkan ke berbagai proyek strategis yang terbukti memiliki dampak positif terhadap Ebitda.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Adakan Kompetisi Jurnalistik, Hadiahnya Ratusan Juta Rupiah

Pupuk Indonesia juga mendorong pegawai melakukan inovasi yang tidak hanya bersifat continuous improvement, tetapi juga breakthrough secara masif di seluruh Pupuk Indonesia Group. 

Berbagai inovasi tersebut memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja Pupuk Indonesia Group.

Pupuk Indonesia berkomitmen meningkatkan jumlah dan kualitas talenta unggul dengan melakukan percepatan dalam menghasilkan kader unggul, mendorong keberagaman dan inklusivitas dengan mencetak lebih banyak pemimpin muda dan pemimpin perempuan. 

Program strategis lainnya adalah meningkatkan kemampuan kepemimpinan para leader di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM bagi unitnya.

“Pupuk Indonesia juga melakukan transformasi pada sistem dan proses bisnis serta digitalisasi dalam pengelolaan dan pengembangan SDM menjadi single platform secara bertahap namun serentak di seluruh Pupuk Indonesia Gorup. Tahap berikutnya mengintegrasikan Human Capital Information System (HCIS),” ujarnya.

Dampak dari peningkatan kinerja sebagai hasil transformasi perusahaan dirasakan pegawai berupa meningkatnya kesejahteraan. 

Transformasi Pupuk Indonesia tidak hanya berhenti di situ. Sebagai salah satu BUMN besar, pihaknya harus menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan dan terus bertumbuh. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler