Pupuk Kaltim Gelar Pasar Rakyat dan Bazar UMKM di Samarinda

Jumat, 07 Oktober 2022 – 08:03 WIB

jpnn.com, SAMARINDA - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia menggelar Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10).

Pada kesempatan itu, Yayasan BUMN turut menyalurkan bantuan perangkat kesehatan kepada Pemkot Samarinda berupa satu unit ventilator, satu unit oksigen consentrator dan 1.200 masker.

BACA JUGA: Dirut Pupuk Kaltim Dapat Gelar Kebangsawanan dari Kesultanan Kutai Kartanegara

Kegiatan ini turut dihadiri Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, perwakilan BUMN se-Kaltim bersama Yayasan BUMN, serta stakeholder terkait lainnya.

SVP SBU JPP Pupuk Kaltim Muhammad Erriza, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan bagi masyarakat, sesuai arahan Kementerian BUMN, untuk berperan aktif sebagai agen pembangunan melalui kontribusi nyata di bidang sosial kemasyarakatan.

BACA JUGA: Berkat Program BAKTI Kominfo, Warga Desa Selong Belanak Merasa Merdeka

“Kegiatan ini memfasilitasi lebih dari 50 UMKM binaan BUMN di Kalimantan Timur, dan sebagian besar di antaranya merupakan binaan Pupuk Kaltim. Sedangkan untuk Pasar Rakyat, disalurkan sebanyak 4.000 paket sembako murah bagi warga Kota Samarinda,” kata Erriza.

Untuk Pasar Rakyat, masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok senilai Rp 90 ribu dengan harga beli Rp 55 ribu.

BACA JUGA: Atasi Debu dan Tungau, HydroClean Punya Cara Jitu

Setiap paket berisi 5 Kilogram (Kg) beras, 1 Kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng.

Sementara Bazaar UMKM dihadirkan sebagai sarana promosi dan penjualan bagi UMKM binaan.

Melalui kegiatan ini diharap masyarakat lebih terbantu mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, di tengah kondisi naiknya harga komoditas di pasaran.

Begitu pula UMKM binaan yang difasilitasi selama kegiatan, dapat semakin berdaya dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat.

“Pupuk Kaltim akan terus berkomitmen dalam mendorong UMKM yang lebih berdaya, sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat melalui realisasi program yang lebih tepat sasaran,” tambah Erriza.

"Ini salah satu bentuk manfaat BUMN bagi masyarakat, dengan turun langsung membantu pemenuhan kebutuhan di tengah kondisi sulit saat ini. Begitu pula dalam memajukan UMKM, dukungan yang diberikan diharap mendorong pelaku usaha kembali tumbuh dan berkembang," imbuh Arya.

Wali Kota Samarinda Andi Harun, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas digelarnya Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan Pupuk Kaltim, serta seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung kegiatan ini. Mari terus perkuat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan BUMN di daerah dalam mensukseskan pembangunan," tutur Andi.(chi/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler