Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan kepada Korban Bencana di Papua Nugini

Jumat, 11 Oktober 2024 – 14:00 WIB
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program PKT Proaktif menyalurkan bantuan kemanusiaan internasional bagi para korban bencana tanah longsong di Papua Nugini. Foto dok PKT

jpnn.com, PAPUA BARAT - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program PKT Proaktif menyalurkan bantuan kemanusiaan internasional bagi para korban bencana tanah longsong di Papua Nugini.

Bantuan diserahkan perwakilan Manajemen Pupuk Kaltim, melalui Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini Andriana Supandy, di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Port Moresby.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Raih Penghargaan RINTEK 2024 dari Kementerian Perindustrian

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, mengungkapkan bantuan ini merupakan salah satu wujud kontribusi perusahaan terhadap bencana kemanusiaan, yang tidak hanya terfokus di dalam negeri tapi juga mendukung komunitas global.

Terlebih, Papua Nugini merupakan salah satu negara tetangga Indonesia, sehingga bencana longsor yang menimbulkan korban hingga ribuan jiwa tersebut turut menggugah keprihatinan keluarga besar Pupuk Kaltim.

BACA JUGA: Lewat Program Inisiatif Universitas, Siemens Indonesia Perkuat Insinyur Masa Depan

Sejumlah bantuan yang disalurkan diantaranya dukungan material untuk pemulihan berbagai infrastruktur yang rusak, medical kit untuk kesehatan korban, hingga pakaian bagi anak-anak dan dewasa.

Hal ini melihat kebutuhan bagi para korban yang harus terpenuhi untuk percepatan upaya pemulihan kondisi pascabencana.

BACA JUGA: Karyawan Pupuk Kaltim Turun Langsung Beri Pendampingan Intensif kepada Petani

"Kami menyadari tanggung jawab sosial tidak hanya terbatas pada lingkup nasional, namun juga mencakup kontribusi dalam membantu sesama hingga luar negeri. Apalagi Papua Nugini salah satu negara tetangga Indonesia, dan kami merasa perlu memberikan dukungan untuk pemulihan kondisi yang terjadi," ujar Soesilo, Kamis (10/10).

Realisasi bantuan ini juga hasil kolaborasi Pupuk Kaltim bersama sejumlah anak perusahaan Pupuk Indonesia Grup, sebagai wujud sinergi positif antar perusahaan untuk saling bergandeng tangan mendukung aksi sosial dan kemanusiaan.

Sementara penyaluran bantuan menggandeng International Committee of the Red Cross (ICRC) dan Papua Nugini Red Cross, dengan menyasar langsung berbagai titik bencana yang sulit terjangkau.

Hal ini menjadi fokus Pupuk Kaltim, agar bantuan tersebut mampu menyasar secara menyeluruh bagi para korban.

Soesilo berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para korban, serta pemulihan kondisi pasca bencana pun berjalan baik melalui kolaborasi bersama komunitas internasional dan stakeholder yang terlibat.

"Pupuk Kaltim berharap kondisi masyarakat Papua Nugini kembali pulih seperti sebelumnya, dan bantuan sosial ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membantu korban pasca bencana," tutur Soesilo.

Dirinya pun menyebut, solidaritas dan komitmen bagi kemanusiaan akan terus menjadi landasan Pupuk Kaltim, sesuai visi misi perusahaan untuk memberi manfaat di berbagai bidang kehidupan.

Hal ini pun menjadi dasar PKT Proaktif digagas, sebagai bentuk respon Perusahaan berkontribusi sekaligus berperan langsung dalam menyikapi kondisi sosial yang terjadi.

Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini Andriana Supandy, menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi Pupuk Kaltim bagi para korban bencana tanah longsor.

"Terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim, kami mendoakan perusahaan dapat terus tumbuh dan makin berkontribusi terhadap kemanusiaan, sesuai semangat kebersamaan dan solidaritas yang senantiasa kita pegang sebagai masyarakat Indonesia," ungkap Andriana.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler