Dua orang kakak beradik dan seorang remaja lainnya, yang memuat video tentang 'kejahilan' mereka dengan berpura-pura menjadi teroris dan menembaki orang-orang di pnggir jalan, sekarang ditahan polisi di Melbourne.

Kedua bersaudara ini dikenal dengan nama Jalal Brothers berusia 20 dan 18 tahun, dan seorang remaja pria  berusia 16 tahun sekarang sedang diperiksa oleh polisi.

BACA JUGA: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Kuliah di Australia

Ketiganya sebelumnya memasang berbagai video di Facebook dan YouTube dimana mereka tampil mengenakan pakaian Arab dan brewok palsu.

Polisi mengatakan detektif dari Unit Komando Anti Terorisme memberikan surat pemanggilan ke South Morang, sekitar 40 km dari pusat kota Melbourne hari Kamis (25/2/2016) pagi.

BACA JUGA: Mencoba Betangas, Tradisi Mandi Uap Rempah di Pontianak

Ketiganya kemudian melapor ke kantor polisi sekitar jam 8.30 pagi.

Assistant Commissioner Ross Guenther mengatakan polisi tidak melihat rekaman video itu sebagai sebuah 'kejahilan yang dilakukan anak-anak."

BACA JUGA: Bocah 6 Tahun Ini Digigit Ular Piton 3 Meter Saat Terlelap di Kamarnya

"Reaksi kami adalah berdasarkan perubahan yang terjadi dalam berbagai post yang mereka muat, terjadi peningkatan isi. Ini membuat kecemasan di kalangan masyarakat, dimana saat ini sudah ada peningkatan situasi keamanan." kata Guenther.

Guenther mengatakan mereka sudah menerima beberapa laporan dari masyarakat yang dikirim lewat saluran Crime Stoppers.

"Tindakan seperti ini tidaklah bagus. Ini tidak mempromosikan kebersamaan sosial, ini merupakan perilaku buruk." katanya.

"Ada yang mengatakan perilaku mereka bisa diterima, jelas tidak. Ini tindakan kriminal, dan kami akan melanjutkan penyelidikan berdasarkan hal ini."

Polisi mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan tuduhan seperti kepemilikan senjata, tindak kekerasan, dan juga berusaha menyita uang yang mungkin didapat mereka dari memasang video di internet.

Polisi mengatakan juga sudah mengontak situs sosial media sebagai bagian dari penyelidikan.

Dalam tindakan mereka sebelumnya, Jalal Bersaudara ini tampak menggunakan senjata palsu melakukan penembakan di jalan-jalan, dengan suara senapan mesin berasal dari rekaman.

Dalam video yang dimuat, tampak beberapa orang yang berusaha menyelamatkan diri, termasuk seorang anak perempuan yang ketakutan, ketika mereka 'ditembaki' oleh Jalal bersaudara tersebut.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Teleskop Seharga Rp 80 Juta di Obyek Wisata Adelaide Ini Dicuri

Berita Terkait