Pusat Tunggu Laporan Data Honorer K2 Palsu

Rabu, 19 Februari 2014 – 07:30 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tidak memungkiri adanya peluang para honorer kategori dua (K2) memalsukan datanya sehingga bisa ikut tes dan bahkan lulus.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, Panselnas memang tidak sampai mendeteksi data honorer K2 saat mengolah lembar jawab komputer (LJK).

BACA JUGA: Kontingen TNI Bersiap ke Darfur

“Karena data itu merupakan usulan dari daerah,” ujar Setiawan seperti dipublikasikan Humas KemenPAN-RB.

Karena itu, dia menegaskan, pemerintah tidak akan gegabah dalam pengangkatan seseorang menjadi CPNS, khususnya dari tenaga honorer kategori 2.  Jangan sampai yang tidak berhak  malah melenggang, dan lolos menjadi CPNS. Karena itu, dalam pemberkasan, menurut Setiawan,  semua akan dapat diketahui, sejauh mana kebenarannya.

BACA JUGA: Pengiriman TKI ke Saudi Mulai Lagi

“Kalau ternyata tidak sesuai ketentuan PP 56/2012, maka NIP-nya tidak akan dikeluarkan, dan batal menjadi CPNS,” tambahnya.

Setiawan berharap, jika ada yang menemukan data palsu, maka diminta segera melaporkan ke BKD, kepala daerah, BKN, dan KemenPAN-RB. “Silakan menyampaikan data-data yang valid, kalau ada peserta yang lulus ternyata tidak memenuhi kriteria,” ujarnya.
 
Karo Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mendukung langkah kepala daerah yang membentuk tim investigasi untuk menelisik data honorer, seperti yang akan dilakukan bupati Sumedang, Jabar. (sam/jpnn)

BACA JUGA: Anggito Masih PNS

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Iskan Singgung Kaitan Demokrasi dengan Apartemen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler