Radiasi Sinyal HP Menyebabkan Otak Mengecil? Begini Penjelasan Dokter

Selasa, 11 Juli 2017 – 00:41 WIB
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kabar beredar secara berantai yang menyebutkan bahwa radiasi sinyal handphone menyebabkan kanker bahkan otak mengecil, dipastikan merupakan hoaks.

Ahli medis juga memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

BACA JUGA: Tersebar Pesan Mengerikan, Diawali Innalillahi

Radiasi memang bisa menyebabkan kanker, namun dalam dosis besar. Sedangkan radiasi ponsel tergolong tidak terlalu besar.

Dokter spesialis saraf RS Royal Surabaya dr Bambang Kusnardi SpS mengatakan, berita radiasi telepon genggam yang menyebabkan kanker otak pada anak adalah hoaks.

BACA JUGA: Melawan Hoaks dan Radikalisme dari Pesantren

”Radiasi memang bisa menyebabkan kanker. Namun harus dalam dosis besar,” ucapnya. Selain soal besarnya radiasi, kanker juga akan tumbuh ketika paparan berlangsung lama.

Gelombang radiasi pada telepon genggam memang tidak terlalu besar. Sehingga kemungkinan untuk menyebabkan kanker juga sedikit.

BACA JUGA: Kapuspen TNI Klarifikasi Isu yang Mencatut Panglima TNI

Bambang mengatakan, kanker merupakan penyakit yang disebabkan banyak faktor. Hingga sekarang para ahli belum bisa memastikan penyebab pasti kanker.

Penyebab kanker bisa dari keturunan. Artinya, mereka yang punya riwayat keluarga pengidap kanker bisa memiliki risiko tersebut. Selain itu, faktor lainnya adalah soal makanan yang dikonsumsi.

Sementara itu, dokter spesialis anak RS Khatolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya dr Irma Lestari SpA menambahkan, paparan handphone merupakan salah satu faktor pemicu.

”Namun jika otaknya sampai mengecil itu tidak benar. Hoaks,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos.

Sampai saat ini juga tidak ada bukti klinis yang kuat. Jurnal ilmiah kedokteran memang sudah ada yang membahas keterkaitan handphone dengan kanker otak.

Namun pendapat itu tidak disetujui semua ahli medis. Meski begitu, Irma mengingatkan agar anak kecil lebih baik dijauhkan dari ponsel.

Sebab, secara anatomi tengkorak si kecil masih tipis. Selain itu otak bayi dan anak-anak mudah menyerap radiasi.

Nah yang berbahaya adalah ketika radiasi tersebut terkumpul dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan kanker otak, Irma mengatakan bahwa paparan radiasi telepon genggam juga diduga bisa menyebabkan leukemia dan tumor di saraf pendengaran.

Sehingga dia menyarankan agar si kecil tidak terlalu sering menggunakan ponsel. (lyn/gun/eko/oki)

Fakta:

- Pesan anak kecil meninggal karena kanker akibat radiasi ponsel menyebar sejak lama, cuma berganti nama korban.

- Dokter menyebut kanker penyakit multifaktor.

- Radiasi ponsel tidak terlalu besar sehingga kecil kemungkinan mengakibatkan kanker, apalagi pengecilan otak, kecuali dalam dosis besar.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Tambah Umur, Pandji Ajak Publik Bantu Bocah Pejuang Kanker


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler