Rafael Nadal Makin Terpuruk

Jumat, 27 November 2009 – 00:03 WIB
Foto : AP

LONDON - Nasib buruk menyertai perjalanan Rafael Nadal di akhir musim 2009Sudah dipastikan gagal kembali ke puncak peringkat ATP (Asosiasi tenis Pria), dia juga dipastikan gagal meraih tambahan koleksi gelar di akhir musim

BACA JUGA: Phelps Tatap Musim Baru

kepastian itu didapat setelah dia menerima kekalahan kedua di fase grup ATP World Tour Finals.
     
Nadal untuk kedua kalinya kalah dengan straight set dalam perjuangannya di ajang itu
Setelah ditaklukkan petenis Swedia, Robin Soderling, kali ini unggulan kedua asal Spanyol tersebut menyerah pada Nikolay Davydenko (Rusia)

BACA JUGA: Don King Ganggu Gelar Haye

Dalam pertandingan di 02 Arena, London, Rabu (25/11), Nadal menyerah 1-6, 6-7 (4)

     
Dengan hasil itu, bisa dipastikan Nadal sudah tersingkir dari persaingan menuju semifinal

BACA JUGA: Kalah, Inter Masih Berpeluang

Meski dia masih akan menjalani laga pamungkas melawan Novak Djokovic (Serbia), yang juga ditaklukkan Soderling pada pertandingan keduaSebab, Nadal kini di dasar klasemen sementara Grup B dan selalu kalah dua set.
   
"Saya datang ke sini bukan untuk menjadi nomor satuItu bukan tujuan saya karena saya tak berada dalam kondisi cukup baik untuk untuk menjadi nomor satu," kilah Nadal seperti dilansir Reuters.
   
Hasil tersebut semakin menegaskan bahwa Nadal tak berdaya menghadapi Davydenko jika bermain di lapangan keras seperti di 02 Arena iniDalam tiga pertemuan terdahulu di lapangan serupa, Davydenko selalu menang, termasuk skor 7-6(3), 6-3 di final Shanghai Masters bulan lalu.
     
Laga di ATP Finals bukanlah laga terakhir bagi Nadal di musim 2009Dia masih akan memperkuat negaranya dalam final Piala Davis melawan Republik Ceko, di Barcelona 4-6 Desember"Awalnya, jika saya menang di sini, saya akan hadir di pertandingan final Davis dengan keprcayaan diri lebihSaya tetap akan membawa momen terbaik saya ke final Davis dan akan mengembalikan kepercayaan diri saya," kata Nadal.
   
Setelah Piala Davis, Nadal siap bekerja keras lagi untuk mengembalikan penampilan terbaiknyaDia lebih memilih berlatih, karena tahun ini sudah terlalu banyak istirahat akibat cedera
    "Saya siap berlatih kerasSaya punya motivasi untuk mencapai permainan terbaik saya, jika punya tujuan seperti itu tak masalah lelah atau tidakJadi, saya siap untuk memulai latihan dan bermain di 2010," tambahnya"Saya tak tahu seberapa jauh saya dari penampilan terbaikYang penting, ketika perubahan terjadi, saya sudah siap," bebernya.
     
Sementara bagi Davydenko, kemenangan tersebut membuka kembali harapannya untuk lolos ke semifinalNamun, dia harus bisa meraih kemenangan atas Soderling di partai terakhir grup supaya bisa menjadi pendamping SoderlingSoderling sudah pasti meraih tiket babak empat besar karena sudah mengantongi dua kemenangan straight set.
   
"Turnamen ini diikuti oleh para petenis terbaik di duniaSaya sudah menang dua kali dengan straight set melawan peringkat kedua dan peringkat ketigaSaya tak bisa meminta yang lebih dari itu lagi," kata Soderling.
   
Pertarungan di Grup B masih akan sengit untuk memperebutkan satu tiket tersisaSatu itu diperebutkan oleh Djokovic dan DavydenkoKeduanya harus bisa menang di laga terakhir masing-masing(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nistelrooy Lirik Liverpool


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler