Rahasia Kesempurnaan Dovizioso di Hari I FP MotoGP Malaysia

Jumat, 27 Oktober 2017 – 18:19 WIB
Andrea Dovizioso. Foto: Crash

jpnn.com, SELANGOR - Rider Ducati Andrea Dovizioso memberi sinyal belum menyerah mengejar gelar juara dunia musim ini. Dua kali latihan bebas awal MotoGP Malaysia, dua kali pula nama Dovizioso paling atas.

Dalam free practice pertama (FP1) di Sirkuit Sepang, Jumat (27/10) pagi WIB, Dovi mencatatkan waktu paling tajam dua menit 00,671 detik. Di FP2 siang tadi, lagi, rider asal Italia berusia 31 tahun ini menjadi pembalap yang membukukan waktu tercepat, dua menit 11,640 detik.

BACA JUGA: Andrea Dovizioso Kalahkan Marquez di FP2 MotoGP Malaysia

Di mana Marc Marquez, si pemimpin klasemen sementara? Bayi Alien, julukan rider Repsol Honda itu hanya berada di posisi kelima saat FP1. Catatan waktu Marquez berjarak 0,279 detik dari Dovizioso. Saat FP2, Marquez mulai panas. Petahana MotoGP itu sempat memimpin jalannya sesi latihan.

Namun, Dovizioso mengukir waktu lebih tajam, menggusur torehan waktu Marquez ke tempat kedua. Jarak Dovi dan Marquez di sesi penutup Jumat ini, 0,526 detik.

BACA JUGA: Dovizioso Tercepat di FP1 MotoGP Malaysia, Marquez Kelima

Dovi yang di klasemen sementara berjarak 33 poin dengan Marquez di puncak (236 vs 269) pun mengaku hari ini menyenangkan buat dia.

"Ini hari yang sempurna. Saya sangat senang dengan catatan waktu yang saya buat," kata Dovi seperti dikutip dari laman Crash.

BACA JUGA: Marc Marquez Kalahkan Jorge Lorenzo di Lapangan Bulu Tangkis

Dovi pun mengaku dia lebih nyaman dan berani melahap lintasan basah. Ya, lintasan saat dua latihan bebas di Sepang Jumat ini dalam kondisi berair.

Di saat rider lain punya masalah dengan lintasan, termasuk Marquez yang sempat melebar di tikungan pada FP1, Dovi malah berkendara dengan baik.

"Kami (Ducati) mengonfirmasi hal positif. Saya punya perasaan yang bagus, terutama di daerah yang basah, sepertinya kami punya keuntungan kecil soal itu," katanya.

Usai free practice Jumat ini berakhir, muncul spekulasi bahwa Dovizioso sengaja tampil nekat di atas trek basah, mengejar catatan waktu paling tajam, hanya untuk memberikan tekanan kepada Marquez yang sedang memimpin klasemen kejuaraan.

Namun Dovi membantah. "Tidak. Saya tidak punya pikiran ingin menjadi yang tercepat di hari pertama hanya untuk menekan Marquez," kilah pemilik nomor motor 04 itu.

Dovi pun mengaku sulit membalikkan defisit 33 poin di dua balapan terakhir (Malaysia dan Valencia).

"Jelas itu tidak akan mudah, terutama jika yang Anda lawan adalah Marquez. Sekarang tinggal saya harus fokus dengan kecepatan saya sendiri. Harus yang paling cepat," pungkas Dovizioso. (adk/jpnn)

MotoGP Malaysia

Jumat (27/10)
08.55-09.40 WIB FP1 (Andrea Dovizioso)
13.05-13.50 WIB FP2 (Andrea Dovizioso)
Sabtu (28/10)
08.55-09.40 WIB FP3
12.30-13.00 WIB FP4
13.10-13.25 WIB Q1
13.35-13.50 WIB Q2
Minggu (29/10)
14.00 WIB Race

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lorenzo: Dovi Juara di MotoGP Malaysia, Marquez Gagal Finis


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler