Raih Khasiat Kencur untuk Obati berbagai Penyakit, Catat Resepnya

Senin, 28 Januari 2019 – 23:20 WIB
Membuat ramuan beras kencur. Foto: source YouTube

jpnn.com - Kencur memang sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional, seperti jamu. Rasanya sedikit pedas dan hangat.

Dilansir dari The Health Benefits Of, Senin (28/1), kencur memiliki manfaat medis untuk membersihkan darah kotor dan mengatasi flu.

BACA JUGA: Benarkah Kulit Berminyak Tidak Butuh Pelembap?

Selain itu, kencur ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut.

Bersihkan Darah Kotor

BACA JUGA: Moringa Toner, Pelopor Pertama Teknik Infus Wajah di Indonesia

Cara membuat ramuannya ambil kencur, dua butir cengkeh kering, daun fistula cassia, dan biji adas seperlunya. Campur lalu direbus dalam 1 liter air. Biarkan mendidih. Saring dan diamkan dingin, diminum dua kali sehari.

Mengobati Masuk Angin

BACA JUGA: Usir Bau Badan Membandel dengan 4 Cara Mudah Ini

Caranya, bilas bersih, tambahkan garam, lalu rebus. Minum airnya hangat-hangat dua kali sehari.

Mengobati Tukak Lambung

Cuci atau bersihkan dua ruas kencur. Kupas dan kunyah langsung. Lalu sedot airnya dari akarnya dan buang ampasnya. Lakukan beberapa kali sampai sembuh.

Mengobati Mulas

Cukup mencuci kencur dan parut. Kemudian tambahkan sedikit air rebusan dan garam. Saring dan minum airnya sebanyak 2-3 kali sehari.

Mengobati Keseleo

Cukup bersihkan satu ruas kencur dan campur dengan segenggam beras yang sudah direndam. Lalu, tumbuk keduanya hingga halus dan oleskan pada area yang terkilir. 

Mengobati Batuk

Ambil satu ruas kencur dan parut sampai rata, campur air hangat dan aduk hingga merata. Saring dan minum, baik juga tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tradisional ini sekali sehari.

Obat Diare

Hancurkan dua ruas kencur dengan dua siung bawang merah sampai benar-benar hancur. Berikan daun pisang untuk membungkus hasil tumbukan, panggang di atas bara, lalu oleskan pada perut. Ramuan ini akan mengobati diare dengan cepat. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Atasi Keputihan Membandel dengan Rebusan Daun Sirih


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler