Rakernas III PDIP Hasilkan 17 Poin Rekomendasi Eksternal, Ada soal Jokowi hingga Lemhanas

Kamis, 08 Juni 2023 – 18:29 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (8/6). Foto: Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP yang dilaksanakan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan selama 6-8 Juni menghasilkan 17 poin rekomendasi eksternal.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjadi pihak yang membacakan rekomendasi eksternal Rakernas III.

BACA JUGA: Kenneth PDIP Mendesak Pemprov DKI Bayar Upah PJLP dan Guru Honorer Sesuai UMP

Dalam satu poin rekomendasi eksternal, muncul dorongan dari PDIP memperkuat Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) sebagai pusat penggemblengan calon pemimpin bangsa atas cara pandang geopolitik Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Menurut Puan, lemhannas harus dikembangkan sebagai pusat kajian kebijakan strategis nasional, khususnya kebijakan luar negeri dan pertahanan, serta hal-hal yang berkaitan dengan upaya membangun ketahanan nasional Indonesia.

BACA JUGA: Sudirman Said Mengeluh Anies Jadi Korban Penjegalan, Hasto: PDIP Tidak Pernah Menghambat

"Dengan kajian strategis tersebut diharapkan ke depan, seluruh inisiatif perdamaian telah melalui kajian mendalam sesuai prinsip-prinsip politik luar negeri bebas aktif, agar tidak menimbulkan berbagai kontroversi," kata Puan membacakan poin rekomendasi Rakernas III soal penguatan Lemhanas. 

Rekomendasi eksternal juga berisi apresiasi PDIP terhadap UNESCO, The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization, atas penetapan tiga arsip pidato Bung Karno sebagai Memory of The World.

BACA JUGA: Kubu Anies Baswedan Mengeluh, Kalimat Hasto PDIP Enak, tetapi Telak

Rakernas III juga menghasilkan rekomendasi eksternal agar PDIP mendukung upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengambil inisiatif perdamaian dunia atas berbagai persoalan geopolitik seperti perang Rusia-Ukraina, ketegangan di Laut Tiongkok Selatan dan konflik di Timur Tengah.

Berikutnya, Rakernas III PDIP mendukung sepenuhnya Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

"Dalam upaya ini, Tiga Pilar Partai bergotong-royong dan menggunakan seluruh kebijakan politik partai guna menghapus kemiskinan ekstrem sebagaimana ditargetkan oleh pemerintah pada 2024," ujar Puan.

Rakernas III juga menghasilkan rekomendasi eksternal tentang percepatan redistribusi aset negara bagi pergerakan perekonomian rakyat.

Rakernas III juga menghasilkan rekomendasi eksternal yang menegaskan pentingnya pendidikan budi pekerti, serta membangunkan spirit sebagai bangsa pelopor, produktif, dan berprestasi.

"Terutama, dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi, riset, inovasi, dan kemampuan membangun mata rantai produksi nasional yang berdaya saing," ujar Puan masih membacakan rekomendasi eksternal Rakernas III PDIP.

Lebih lanjut, Rakernas III PDIP juga mendorong peningkatan prestasi olahraga nasional seperti sepakbola, bulu tangkis, atletik, renang, catur, hingga pencak silat yang menjadi lambang supremasi serta identitas bangsa.

"Berkaitan dengan hal tersebut, Rakernas III mendorong pengembangan sport science, pusat pelatihan, dan ekosistem olahraga, sistem rekruitmen dan pembinaan dari dini, termasuk mengirimkan anak bangsa untuk berlatih diluar negeri," ujar Puan saat membacakan rekomendasi tentang peningkatan prestasi olahraga.

Rakernas III PDIP juga mendorong upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan energi dengan mengedepankan kelestarian lingkungan dan keadilan sosial berbasis pada riset serta inovasi.

"Rakernas III partai mendorong pemerintah untuk mempersiapkan generasi muda melalui peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, pelatihan, serta riset dan inovasi untuk memanfaatkan potensi keunggulan bonus demografi sebagai lompatan kemajuan untuk menghadirkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan dunia yang maju, adil, dan makmur," ujar Puan.

Setelah itu, Rakernas III berisi tentang apresiasi terhadap kinerja Jokowi, mendorong Pemilu 2024 yang jujur, hingga komitmen pemenangan Ganjar pada Pilpres 2024.

Hasil rekomendasi eksternal Rakernas III juga menempatkan rakyat sebagai pemimpin tertinggi, mendukung BRIN mendayagunakan seluruh potensi plasma nutfah, mendorong kemajuan desa, percepatan pengangkatan honorer, dan prioritas yang perlu masuk dalam visi misi Capres-Cawapres dari PDIP. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Heboh Jokowi Puji Ganjar Pas Rakernas III PDIP, Hasto: Semua Tepuk Tangan Meriah


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler