Rakernas IV PDIP Menghasilkan 8 Rekomendasi Pemenangan Pemilu, Ini Isinya

Minggu, 01 Oktober 2023 – 17:17 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/9). Foto: Dokumentasi DPP PDIP.

jpnn.com - JAKARTA - Rapat Kerja Nasional IV PDIP yang digelar sejak Jumat (29//9) hingga Minggu (1/10) menghasilkan sejumlah rekomendasi eksternal pada sisi pangan dan pemenangan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Dari sisi pemenangan Pemilu 2024, ada delapan rekomendasi yang dihasilkan Rakernas IV PDIP itu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan rekomendasi eksternal pertama di sisi pemenangan pemilu berbicara tentang gotong royong.

BACA JUGA: Prananda Prabowo: Rakernas PDIP Memperlihatkan Simbol Keberpihakan

"Berkaitan dengan hal tersebut, setiap anggota, kader, dan simpatisan partai wajib turun dan memperkuat akar rumput, berkomunikasi secara langsung dengan rakyat dan dibantu oleh teknologi informasi dan komunikasi," kata Hasto yang membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10).

Kemudian, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP sisi pemenangan pemilu berbicara soal pengumuman pendamping Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo sebagai cawapres yang akan diserahkan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA: Banyak Pelajar Mendapat Ilmu Baru tentang Pertanian dan Pangan di Pameran Rakernas PDIP

"Dengan mempertimbangkan dinamika politik, pergerakan tiga pilar partai di akar tumput, kesiapan badan pemenangan pemilu legislatif, dan konsolidasi tim pemenangan presiden," lanjut Hasto.

Selanjutnya, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu menekankan kedaulatan negara berada di tangan rakyat, seperti tertuang dalam UUD NRI 1945.

BACA JUGA: Penutupan Rakernas IV PDIP: Bahas Pemenangan Pemilu, Diakhiri Pidato Megawati Soekarnoputri

"PDIP bertekad untuk melaksanakan pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan narasi kemajuan, melanjutkan, dan mempercepat keberhasilan Pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Hasto.

Setelah itu, Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu berisi dorongan bagi KPU dan Bawaslu tetap profesional mengurus pemilu.

"Rakernas IV Partai mendorong Penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu, dan DKPP di setiap tingkatan untuk menjalankan tahapan kegiatan, dan jadwal Pemilu 2024 sesuai asas Pemilu dan dilaksanakan secara professional dan akuntabel," kata Hasto.

Setelah itu, Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu membahas dukungan kepada penyelenggara pemilu dalam mengelola data partai dengan menjaga kerahasiaan.

"Mengedepankan kerahasiaan data pribadi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi," lanjut Hasto.

Berikutnya, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu dengan menyarankan pemerintah menyelesaikan status kepegawaian guru dan honorer.

"Secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer seperti guru, dosen, bidan, perawat, pendamping desa, pendamping PKH, penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain, termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggara Pemilu," lanjut Hasto.

Terakhir, Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu berisi apresiasi kinerja aparat untuk menyosialisasikan soal menolak politik uang.

"Pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam Pemilu," kata dia membacakan poin kedelapan Rakernas IV di sisi pemenangan pemilu," kata Hasto. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler