Rakernas, Ketum KNPI Menghadap Mendagri

Senin, 15 Oktober 2012 – 18:31 WIB
Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Taufan E.N Rotorasiko (kanan) saat bertemu Mendagri Gamawan Fauzi. Foto: ist
JAKARTA - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Taufan E.N Rotorasiko mengadakan pertemuan tertutup dengan Menteri Dalam Negeri, Gumawan Fauzi, di  kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (15/10) sore.

Taufan menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dirinya menyampaikan rencana kegiatan KNPI, untuk disinergikan dengan program-program kementerian yang juga mengurusi ormas tersebut.

Salah satu yang disampaikan ke Gamawan adalah Rakernas KNPI di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 22-24 Oktober 2012. Di Rakernas itu juga akan dibahas beberapa program kerja KNPI, salah satunya Parade Pemuda Nusantara dalam memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda. Dijadwalkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi akan hadir dalam Rakernas itu.
 
“Dalam pertemuan tadi kami mebahas kegiatan-kegiatan KNPI yang bisa disinergikan dengan Mendagri, seperti semangat cinta tanah air. Mendagri bahkan sangat mengapresiasi KNPI," ujar Taufan E.N Rotorasiko kepada wartawan usai bertemu Gamawan.

Menteri asal Sumbar itu, lanjutnya, juga mendukung kegiatan Parade Pemuda Nusantara, yang akan di gelar menjelang hari Sumpah Pemuda, pada 28 Oktober 2012. Acara itu ada rangkaian kegiatan pengumpulan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia untuk disatukan dan ditempatkan di monumen Sumpah Pemuda.
 
“Kita akan mengumpulkan tanah dan air dari seluruh pelosok nusantara, dan  membuat mozaik di Jakarta ini, rencananya di monas namun Pak menteri menyarankan agar di tempat lain,  akan dilakukan menjelang sumpah pemuda dan monumenya rencanaya akan diresmikan pada bulan November, kata Taufan.
 
Tujuan dari parade pemuda nusantara ini, tambah Taufan, untuk mempererat persatuan dan kesatuan pemuda, yang saat ini banyak hal-hal negatif seperti tawuran, narkoba dan rasa perpecahan yang disebabkan  berbagai faktor.
 
Gamawan, lanjutnya, agar KNPI ikut membantu mensosialisasikan program pemerintah pusat ke daerah dan memperkuat kebangsaan, khususnya tentang kepemudaan.
 
Ketua KNPI Sulawesi Utara, Jackson Kumaat menambahkan, “Parade Pemuda Nusantara akan menjadi tonggak kembali persatuan pemuda di Indonesia." (sam/gir/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Ingatkan Politisi Hati-hati Ungkap Century

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler