Rakor Kemendikbudristek Berlanjut, Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023 Molor? 

Rabu, 13 Desember 2023 – 20:31 WIB
Ilustrasi PPPK. Foto/Arsip : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rapat koordinasi sinkronisasi data seleksi PPPK guru 2023 ternyata masih berlanjut. 

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bahkan akan menggelar rakor pada 14-16 Desember 2023 di Jakarta.

BACA JUGA: Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023, Inilah Info Resmi dari BKN

Itu berarti sudah melewati dari durasi pengumuman kelulusan PPPK 2023 yang dijadwalkan 6 - 15 Desember.

Ketum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih mengungkapkan kondisi pelamar prioritas satu (P1). Mereka makin gelisah karena sampai sekarang jadwalnya belum ada kepastian.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Daftar Passing Grade PPPK Guru 2023, Menjamin Rasa Keadilan, Menggembirakan

"Kenapa guru selalu lama ya. Ini P1 sebenarnya tinggal penempatan jadi tertunda pengumumannya karena menunggu hasil tes pelamar prioritas dari honorer K2 dan P3 (guru honorer negeri dengan masa kerja di atas 3 tahun)," beber Heti kepada JPNN.com, Rabu (13/12).

Dia berharap belum jelasnya pengumuman PPPK guru ini tidak akan merugikan P1. Jika perlu 62 ribu P1 yang tersisa bisa diangkat semuanya tahun ini.

BACA JUGA: Daftar Passing Grade PPPK Guru 2023, Tertinggi Hanya 215 Poin, Ada Afirmasi 100%

Heti khawatir dengan nasib 12 ribuan P1 yang dinyatakan tidak mendapatkan formasi PPPK 2023 akan terkatung-katung tahun depan.

"Walaupun Kemendikbudristek bilang sisa P1 sebanyak 12 ribuan akan dituntaskan tahun depan karena masih ada satu putaran lagi (seleksi PPPK 2024), tetapi kami waswas juga," ucapnya.

Alasannya, lanjut Heti, tahun depan sudah pergantian presiden. Sudah lazim ketika ganti presiden dan menteri, maka semua kebijakan berubah.

Terkait masalah ini Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen mengungkapkan sampai saat ini BKN belum secara resmi menerima afirmasi sertifikat pendidik (serdik) dan nilai SKTT (Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan) dari Kemendikbudristek.

Namun, BKN sudah meminta agar Kemendikbudristek segera menyerahkannya.

"Untuk guru honorer mohon ditunggu saja. BKN tidak bisa berbuat banyak, walaupun demikian, BKN intens meminta hasilnya kepada Kemendikbudristek," ucap Deputi Suharmen kepada JPNN.com.

Plt Karo Humas BKN Nanang Subandi menambahkan durasi pengumuman hasil seleksi PPPK 2023 masih tetap tanggal 6 sampai 15 Desember 2023. Masih ada waktu hingga 15 Desember terutama bagi instansi yang tidak mengadakan SKTT.

"Ditunggu saja ya. Honorer bisa memantau di akun SSCASN dan laman instansi yang dilamar. BKN juga mengekspos hasilnya di medsos BKN ya," ucapnya.

Sampai saat ini banyak honorer yang waswas dengan hasil seleksi PPPK 2023. 

Mereka bingung instansinya tidak melaksanakan SKTT, tetapi sampai hari ini belum diumumkan hasilnya. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler