Ramai Event di Mataram, Hotel Diimbau Tak Naikkan Tarif

Rabu, 27 Juni 2012 – 10:29 WIB

MATARAM – Banyaknya event nasional yang diselenggarakan di Mataram membuat hotel-hotel yang ada sudah full booking sejak jauh hari. Terkait itu, pengelola hotel juga diimbau tidak menaikkan tarif secara berlebihan. ‘’Jangan ketika merasa hotel padat lalu menaikkan tarif yang tidak rasional. Kalau bisa malah diberi diskon,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Mataram IB Jayantha.
   
Seperti diketahui, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) baru saja usai. Selanjutnya, pada 28-30 Juni akan ada even nasional perayaan Hari Keluarga. Event-event ini membuat hotel-hotel yang ada di Mataram dan sekitarnya terisi penuh.

‘’Sejauh ini, setelah penyelenggaraan FLS2N, infrastruktur sekitar hotel masih disempurnakan lagi supaya tamu tidak kecewa,’’ kata Jayantha terkait infrastruktur pendukung.

Dikatakan, tahun ini wisatawan yang menginap di hotel-hotel yang ada di Mataram mencapai 224 ribu lebih. ‘’Peningkatannya hampir 30 persen. Ini berkah dari kegiatan-kegiatan ini,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) wilayah NTB, I Gusti Lanang Patra mengatakan, tidak ada kenaikan tarif dari para anggotanya. ‘’Tarif masih wajar, tapi kalau hunian, hotel di seluruh Mataram dan sekitarnya memang full booked semua,’’ katanya.

Lanang mengatakan, pihak hotel harus berpikir jangka panjang, dan tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan.
Lanang justru menyoroti minimnya jadwal penerbangan yang ada di Lombok.

Dikatakan, servis yang diberikan hotel dan alat pendukung lainnya tidak seimbang dengan apa yang diberikan pihak penerbangan.  ‘’Harusnya ada penambahan jadwal penerbangan. Banyak yang mengeluhkan kurangnya seat untuk bisa datang ke Lombok,’’ ujarnya.

Banyaknya tamu yang akan datang ke Mataram pada event Hari Keluarga bahkan diprediksi tidak mampu ditampung di hotel-hotel yang ada di Mataram.  ‘’Kita belum berkoordinasi secara resmi dengan pihak panitia Hari Keluarga,’’ kata General Manager Hotel Shantika, Nilwan Ruswir.

Menurutnya, sudah ada beberapa yang membooking kamar dari luar daerah pada 28 Juni mendatang. Namun, pihaknya tidak mengetahui, apakah yang membooking itu dari panitia Hari Keluarga atau bukan. ‘’Karena pihak hotel hanya menerima tamu saja, entah itu mau dari mana,’’ katanya. 

Saat ini, booking yang masuk ke Hotel Shantika hampir 70 persen. Namun tamu yang datang tidak dibedakan. ‘’Karena bagi kami tamu dari mana saja merupakan tamu VIP,’’ ungkapnya. (cr-rfc/cr-jay)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Fundamental Perbankan Kuat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler