Ramalan Cuaca Hari Ini, Sejumlah Kota Besar Diguyur Hujan, Berikut Daftarnya

Kamis, 11 Januari 2024 – 09:26 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian wilayah kota besar di Indonesia, Kamis (11/1). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian wilayah kota besar di Indonesia, Kamis (11/1).

Laman resmi BMKG menyebutkan sejumlah kota besar seperti Medan, Bengkulu, DKI Jakarta, Pontianak, Palangkaraya, Kupang, Gorontalo, Mamuju, dan Manokwari bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan.

BACA JUGA: Cuaca Riau 9 Januari 2023, Hujan Deras Akan Terjadi di Wilayah Ini

Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang diprediksikan bakal turun di Tanjung Pinang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Kendari.

Sejumlah wilayah seperti Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Surabaya, Banjarmasin, Mataram, dan Manado diprakirakan akan mengalami hujan dengan disertai petir.

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Batal Mendarat di Bandara Aceh

Sementara cuaca berawan diprakirakan bakal menyelimuti sejumlah wilayah seperti Jambi, Ternate, dan Jayapura.

Awan tebal diprakirakan bakal menyelimuti Pekanbaru dan Samarinda.

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Cuaca Ekstrem

Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan hanya akan terjadi di wilayah Banda Aceh, Denpasar, dan Ambon.

Kemudian Tarakan diprakirakan menjadi satu-satunya kota besar di Indonesia yang diliputi cuaca cerah, dengan suhu udara berkisar 26-33 derajat celsius.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya telah merilis Climate Outlook 2024 yang bisa digunakan oleh kementerian atau lembaga, pemerintah daerah (pemda), dan semua pihak terkait.

Dia mengatakan Climate Outlook 2024 bisa menjadi salah satu panduan untuk perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena iklim.

Dia juga menyampaikan bahwa sepanjang 2024 gangguan iklim dari Samudra Pasifik yaitu ENSO (El Nino-Southern Oscillation) diprakirakan akan berada pada fase El Nino Lemah-Moderat pada awal tahun, kemudian selanjutnya hingga akhir tahun diprediksi berada pada fase Netral. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prediksi Cuaca BMKG, DKI Jakarta Diguyur Hujan Senin Siang hingga Malam


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Cuaca   BMKG   Hujan   Cuaca di Jakarta  

Terpopuler