Rampung dalam 29 Jam 26 Menit 51 Detik, Pengerjaan HPK 2 di IKN Raih Rekor MURI

Kamis, 01 Agustus 2024 – 09:15 WIB
Proyek hunian pekerja kontruksi atau HPK tahap 2 di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang meraih rekor MURI. Foto: Dokumentasi Kementerian PUPR

jpnn.com - JAKARTA - Proyek hunian pekerja kontruksi atau HPK tahap 2 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) setelah proses toping off bangunan empat lantai itu diselesaikan dalam waktu singkat, yakni 29 jam 26 menit 51 detik.

Pengerjaan HPK tahap 2 dengan teknologi terkini itu diawasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menggandeng PT Adhi Karya dan Adhi Persada Gedung.

BACA JUGA: Jokowi Ingin Libatkan Pengusaha Lokal Dalam Pembangunan IKN

Pembangunan itu menggunakan material Sandiwch Panel EPS yang diproduksi PT Alsun Suksesindo, produsen panel terbaik di Indonesia yang berada di Bekasi Timur.

Toping off mengacu pada pemasangan pada bagian akhir struktur atau penyelesaian atap pada sebuah bangunan.
Hal itu menandakan bahwa struktur telah mencapai ketinggian maksimum, meskipun bukan berarti proyek telah benar-benar selesai.

BACA JUGA: Tamu Upacara HUT RI di IKN Kemungkinan Dikurangi Gegara Ini

Dalam melakukan toping off, Kementerian PUPR menggunakan bantuan Mobox atau Mobile Box.

Perlu diketahui, Mobox adalah sistem kontruksi modular yang dikembangkan menggunakan komponen-kompunen baja yang dapat dikombinasikan dengan material lain.
"HPK Tahap II berhasil mendapat Rekor MURI Topping Off Bangunan empat lantai dalam waktu 29 jam 26 menit 51 detik saja,” ucap Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangannya, Rabu (31/7).

BACA JUGA: Demi Pembangunan IKN, Pemerintah Memodifikasi Cuaca Selama 24 Jam

Iwan berharap penghargaan dari MURI ini dapat memberi semangat bagi para pekerja konstruksi membangun berbagai infrastruktur di IKN.

Direktur PT Alsun Suksesindo Rudy Kesuma menjelaskan bahwa material yang digunakan untuk membangun HPK tahap 2 adalah Sandwich Panel EPS, sebuah bahan berkualitas tinggi untuk meredam panas dan suara.

"Bahan baku seluruhnya dari dalam negeri, Sandwich Panel EPS dan sudah TKDN. Material ini dapat meredam panas dan suara," jelasnya.

Rudy berharap seluruh pembangunan di Indonesia akan menggunakan Sandwich Panel Alsun.

"Supaya lebih cepat dan lebih mengedepankan green product karena ramah lingkungan,” jelas Rudy. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler